Sukses

Wiranto: Kemampuan Bakamla Masih Terbatas, Harus Ditingkatkan

Wiranto bertemu Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) Laksamana Madya TNI Arie Soedewo di Kantor Kemenko Polhukam.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto bertemu Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) Laksamana Madya TNI Arie Soedewo di Kantor Kemenko Polhukam.

Wiranto menyatakan, kemampuan Bakamla saat ini masih terbatas. Itu sebabnya harus ditingkatkan karena punya peranan penting.

"Bakamla memang lembaga yang termasuk baru, tapi sangat menentukan karena kita ini kan negara maritim, negara kepulauan," ucap Wiranto di Jakarta, Selasa (30/8/2016).

Untuk meningkatkan kemampuan Bakamla, Wiranto sudah menemukan solusi. Jalan keluar tersebut adalah menambah jumlah perlengkapan lembaga itu. "Yang dia miliki baru terbatas enam kapal. Bayangkan wilayah Indonesia kan luas, enam kapal itu tidak cukup," kata dia.

Meski begitu, Wiranto tidak membeberkan berapa idealnya kapal yang dibutuhkan. Pihaknya hanya mendorong agar Bakamla meningkatkan koordinasi dengan lembaga pemerintah lain.

"Sementara harus rajin koordinasi dengan lembaga lain terutama TNI Angkatan Laut yang memiliki banyak armada," kata Wiranto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini