Sukses

Kapolri Sebut Lahan di Riau Sengaja Dibakar

Kapolri juga memerintahkan Kapolda Riau untuk menindak perusahaan yang lahannya sengaja dibakar atau terbakar karena kelalaian.

Liputan6.com, Pekanbaru - Setelah mengecek lokasi kebakaran lahan di Kabupaten Kampar, Riau, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian menyatakan adanya unsur kesengajaan. Karena itu dia memerintahkan Kapolda Riau Brigjen Polisi Supriyanto mencari dan menangkap pelakunya.

"Yang jelas ini karena pembakaran. Makanya saya katakan, Pak Kapolda tangkap saja pelaku yang bakar itu. Sekarang sudah 86 orang setahu saya (yang sudah ditangkap). Itu terus kita lakukan dengan tegas. Ada yang bakar, sudah tangkap saja. Langsung proses," tegas Tito di Pekanbaru, Senin (29/8/2016) petang.

Selain perorangan, Kapolri juga memerintahkan Kapolda Riau untuk menindak perusahaan yang lahannya sengaja dibakar atau terbakar karena kelalaian.

"Prinsip saya ke Pak Kapolda, kalau bisa dibuktikan koorporasi yang terlibat, kita tuntaskan. Besok saya juga akan diskusikan mengenai kemungkinan adanya perusahaan yang terlibat. Kalau ada, kita tegaskan proses hukum," tegas Tito.

Dia juga menyebut akan menggelar diskusi internal dengan penyidik Polda Riau terkait adanya adanya lahan perusahaan yang diduga ikut terbakar. "Nanti saya diskusikan secara internal. Ini sudah jadi atensi Pak Presiden," kata Tito.

Di samping penegakan hukum, Kapolri juga menginginkan semua pihak di Riau bersama-sama mencegah supaya kebakaran tidak terjadi. "Itu yang terpenting. Utamakan pencegahan. Aktifkan terus," tegas Tito.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini