Sukses

Perangi Radikalisme, MUI Optimalkan Tim Penanggulangan Terorisme

Ke depan, MUI bakal lebih gencar syiar soal pemahaman keislaman yang benar melalui berbagai cara.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Maruf Amin prihatin dengan berkembangnya paham radikal di Tanah Air.‎ Dia menilai, maraknya radikalisme di Indonesia lantaran terjadinya distorsi pemahaman di masyarakat.

"Karena itu, langkah yang akan kita tempuh adalah memberikan pemahaman yang benar supaya tidak terjadi distorsi," ujar Maruf usai pertemuan dengan Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) di Kantor MUI, Jakarta Pusat, Senin (29/8/2016).

‎Untuk mewujudkan kerjasama dengan BNPT ini, MUI berjanji bakal mengoptimalkan peran tim khususnya, yakni Tim Penanggulangan Terorisme (TPT).

"MUI punya TPT, tim penanggulangan terorisme, akan kita efektifkan. Kerja sama dengan BNPT untuk memperoleh info sasaran (radikalisme), dan gerakan mereka ke arah mana. Kalau kami  bagaimana counter-nya," papar dia.

Ke depan, MUI bakal lebih gencar syiar soal pemahaman keislaman yang benar melalui berbagai cara. Kerja sama dengan BNPT ini menjadi salah satu jalan agar bisa lebih mengetahui ke arah mana saja MUI harus bergerak.

"Jadi kita akan mulai dari buku-buku, ceramah, diskusi, akan melakukan pencerahan, radikalisme itu keliru. Bagi mereka yang sudah kena, kita lakukan deradikalisasi," kata Maruf.

MUI, kata Ma'ruf, akan menyasar masyarakat yang sudah terkena paham radikal, baik mereka yang pernah berurusan dengan hukum maupun tidak. Apalagi, saat ini banyak generasi muda yang mulai terkontaminasi dengan paham tersebut.

Namun begitu, dirinya mengingatkan bahwa untuk deradikalisasi perlu melibatkan banyak pihak. Kendati, aspek pokok munculnya paham radikal ada pada pemahaman yang salah.

"Penanganannya dari semua sektor, keadilannya, ekonominya. Tapi aspek pokoknya pemahaman. Yang lainnya pemicu saja. Ini (paham) yang kita betulkan," pungkas Maruf Amin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • MUI adalah lembaga independen yang mewadahi para ulama, zuama, dan cendikiawan Islam untuk membimbing, membina, dan mengayomi umat Islam di

    MUI

  • Terorisme

  • BNPT

Video Terkini