Sukses

VIDEO: 74 Calon Haji Mandiri Asal Garut Bertolak ke Tanah Suci

Terdapat perbedaan rangkaian pemberangkatan ibadah haji antara calon jemaah haji mandiri dengan yang diberangkatkan oleh Kementerian Agama.

Liputan6.com, Garut - Sebanyak 74 calon haji mandiri dari Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Persatuan Islam (Persis) Kabupaten Garut, Jawa Barat diberangkatkan menuju Tanah Suci, Minggu malam. Para calon haji mandiri ini akan bergabung dengan rombongan haji mandiri lainnya di Bandung, sebelum bertolak ke Embarkasi Bekasi.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Senin (29/8/2016), haji mandiri adalah pemberangkatan haji tanpa mengikuti rombongan yayasan haji atau KBIH. Biasanya, pemberangkatan calon haji mandiri dilakukan oleh orang-orang yang sebelumnya pernah melaksanakan ibadah haji.

Salah satu alasan calon jemaah haji memilih jalur ini adalah untuk menghemat biaya. Dari biaya tambahan untuk masuk yayasan atau KBIH.

Panitia pemberangkatan menyatakan, terdapat sedikit perbedaan pada rangkaian pemberangkatan ibadah haji, antara calon jemaah haji yang diberangkatkan oleh Kementerian Agama dengan calon jemaah haji mandiri Persis.

Meski dilaksanakan secara mandiri, pemerintah melalui Kementerian Agama tetap memberikan pengarahan manasik dan pengawasan pada calon jemaah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.