Sukses

Anggrek Iriana Jokowi di Kebun Raya Bogor Mekar

Pemberian nama Anggrek Iriana Jokowi sebagai bentuk penghormatan Pemerintah Singapura saat Jokowi mendatangi Negeri Singa itu.

Liputan6.com, Bogor - Anggrek Iriana Jokowi yang dititipkan di Kebun Raya Bogor mulai berbunga. Anggrek perpaduan antara Dendrobium Christabella dengan Dendrobium Haldis Morterud ini hasil pemberian dari pemerintah Singapura kepada Presiden Jokowi.

Salah satu Teknisi Penelitian dan Perekayasaan (Litkayasa) Kebun Raya Bogor, Yuniar mengatakan, anggrek Iriana Jokowi ini diperkirakan akan terus mekar selama 30 hari ke depan.

"Bunganya mulai mekar sejak pertengahan Agustus kemarin," kata Yuniar yang menangani koleksi anggrek di Kebun Raya Bogor, Senin (29/8/2016).

Pemberian nama Anggrek Iriana Jokowi sebagai bentuk penghormatan Pemerintah Singapura pada Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana yang telah mengunjungi taman anggrek nasional (National Orchid Gardens) saat kunjungan kenegaraannya di Negeri Singa pada 29 Juli 2015.

Dalam kesempatan itu, Iriana mendapat kehormatan karena namanya diabadikan pada salah satu jenis anggrek yakni Dendrobium Iriana Jokowi.

Bunga Anggrek Iriana Jokowi merupakan perpaduan antara Dendrobium Christabella dan Dendrobium Haldis Morterud. Anggrek ini merupakan bunga Dendrobium hibrida yang kuat dan bebas.

Tak hanya itu, Dendrobium Iriana Jokowi berbentuk tegak mekar semi-melengkung dengan ukuran 5,6 cm. Saat mekar, bunga dendrobium Iriana Jokowi pada bagian pinggirnya berwarna kemerahan ungu muda dan berwarna ungu gelap di bagian tengahnya. Sedangkan kelopak bunganya berwarna putih dan cahaya kuning kecokelatan.

Anggrek Iriana Jokowi ini menambah jumlah koleksi tanaman anggrek di Kebun Raya Bogor. Saat ini, Kebun Raya Bogor telah mengkoleksi 92 marga dan 421 jenis anggrek dari berbagai daerah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.