Sukses

Sosok Minggu Ini: Suprihatin-Rafi, Peraih Emas di Ajang IYIPO

International Young Inventors Project Olimpiad (IYIPO) merupakan ajang kompetisi bagi penemu-penemu muda di seluruh dunia.

Liputan6.com, Pati - Sebuah pabrik pengolahan tapioka di Kabupaten Pati Jawa Tengah, dalam sebulan dapat menghasilkan 10 ton limbah kulit singkong. Limbah kulit singkong itu kemudian diteliti oleh dua siswa SMA PGRI 2 Kayen, Pati, Jawa Tengah, Suprihatin dan Rafi.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Minggu (28/8/2016), hasil dari penelitian keduanya menunjukkan, ternyata kulit singkong mengandung banyak serat yang bermanfaat bagi proses pembuatan komposit.

Bahan-bahan seperti kulit singkong dan serat pisang diolah melalui proses kimia. Kemudian, menghasilkan lempengan fiber atau komposit yang dapat dipakai sebagai material alternatif bagi industri seperti interior pesawat, kapal, dan bumper mobil.

Temuan dua siswa SMA itu dipamerkan dalam International Young Inventors Project Olimpiad (IYIPO). Kejuaraan ini merupakan sebuah ajang kompetisi bagi penemu-penemu muda di seluruh dunia.

Suprhatin dan Rafi pun berhasil membawa Indonesia meraih medali emas dan menyisihkan 35 negara lainnya.

Meski sempat berhenti sekolah demi sang adik karena keterbatasan ekonomi keluarganya, Suprihatin tidak surut niatnya untuk berprestasi. Justru keterbatasan itulah yang memotivasinya untuk maju.

Melalui prestasi itu pihak sekolah berharap agar Suprihatin dan Rafi menjadi inspirasi bagi siswa SMA di seluruh Indonesia.

Seperti apa kisah mereka? Saksikan selengkapnya dalam Sosok Minggu Ini yang ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Minggu (28/8/2016), di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.