Sukses

Tanggul Kali Krukut Jebol, Kebayoran Baru Terendam Banjir

Saat tanggul jebol ‎mesin penyedot air tidak berfungsi.

Liputan6.com, Jakarta - Genangan dan banjir tak hanya melanda kawasan Kemang, Jakarta Selatan. Banjir juga terjadi di perumahan Pulo Raya, Kelurahan Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan akibat hujan deras pada Sabtu, 27 Agustus 2016.

Warga perumahan Pulo Raya, Masynur mengatakan, banjir di daerah rumahnya terjadi akibat jebolnya tanggul kali Krukut. Menurutnya, jebolnya tanggul tersebut mengakibatkan banjir yang cukup dalam.

"Kalau hujan biasanya cuma banjir di depan rumah, tapi sekarang sampai masuk ke rumah, sampai sepinggang orang dewasa," kata Masynur saat dihubungi di Jakarta, Sabtu (27/8/2016).

Menurut Masynur, biasanya jika hujan turun, mesin penyedot air bekerja untuk menghambat air masuk ke dalam rumah. Namun, saat tanggul jebol maka ‎mesin penyedot air tidak berfungsi.

"Kalau tanggul tidak jebol, selesai hujan kan pasti ada ‎genangan tuh, cepet turunnya. Tapi karena tanggul jebol jadi masuk ke rumah airnya," tuturnya.

Imbas terjadinya banjir, jalan yang menuju perumahan Pulo Raya pun macet. "Sudah dari sore tadi macet," kata dia.

Sedot Genangan Air

Banjir juga masih menggenangi kawasan Jalan Kemang, Jakarta Selatan hingga Sabtu (27/8/2016) malam.  Saat ini petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana DKI Jakarta berupaya menyedot air dari Jalan Kemang Raya yang tergenang sejak sore tadi.

Pantauan di lokasi, sejumlah petugas terlihat sibuk memegangi pompa penyedot air. Nantinya air genangan ini akan dibuang ke Kali Krukut.

"Ini masih disedot airnya, biar surut," ujar Ramdani seorang petugas di lokasi banjir, Sabtu malam.

Ramdani mengatakan pompa air ini sudah sejak pukul 22.00 WIB tadi dioperasikan. Menurutnya, penyedotan ini cukup membuat banjir surut. "Mudah-mudahan cepet surutnya," ucap dia.

Sementara, banjir masih merendam di Jalan Kemang Raya. Ketinggian air diperkirakan masih sekitar 1 meter. Selain di Jalan Kemang Raya, banjir juga  merendam Jalan Kemang Utara dan Jalan Kemang Dalam.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.