Sukses

Jakarta Selatan Terkepung Banjir Akibat Hujan Deras

Banjirjuga melanda kawasan permukiman, seperti Sektor 9, Bintaro, Cilandak, dan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Hujan deras yang mengguyur Ibu Kota mengakibatkan banjir dan genangan di ruas jalan arteri hingga tol. Khususnya di kawasan Jakarta Selatan.

Seperti genangan di depan Gandaria City, ketinggian air mencapai 50 sentimeter. Akibatnya, Jalan Sultan Iskandar Muda di kedua arah lumpuh karena tidak dapat dilalui kendaraan.

"Genangan air setinggi 50 cm di depan Gandaria City, saat ini tdk bisa dilintasi kendaraan," tweet pemilik akun @DanangRiyadi, Sabtu (27/8/2016).

Polda Metro Jaya melalui akun Twitter @TMCPoldaMetro juga menyebutkan hal yang sama. Genangan di depan Gandaria City mencapai 50 sentiemeter.

"Genangan air setinggi 50 cm di depan gandaria city," tweet Polda Metro Jaya pukul 17.08 WIB.

Genangan setinggi 50 sentimeter juga terjadi di Jalan Dharmawangsa. Akibatnya, kendaraan tidak dapat melintas di kawasan permukiman elite itu.

"Genangan air setinggi 50cm di Jl dharmawangsa, tdk bisa di lintasi kendaraan," tweet pemilik akun @ranamanggala.

Pemilik akun @jokopri1908 juga menyebutkan, genangan air setinggi 30 sentimeter terjadi di kawasan Kebayoran Lama.

Yang lebih parah, genangan juga melanda kawasan Kemang. Ketinggian air mencapai 70 sentimeter. Akibatnya, kendaraan tidak bisa melintas.

"Genangan air setinggi 70 cm di Kemang raya, tdk bisa dilintasi kendaraan," tweet @rIrsanto.

Genangan 70 sentimeter juga terjadi di Jalan Pengeran Antasari. Genangan terjadi dari arah Blok M maupun sebaliknya, arah TB Simatupang.

Bahkan, banjir juga terjadi di depan kampus Universitas Pancasila, yang biasanya jarang terjadi. Seperti tweet pemilik akun @yokoersa.

"#Banjir di dpn Kampus UP Jl. Lenteng Agung Raya Jaksel, agar hati2 bila sdg melintas."

Tidak hanya banjir dan genangan di sejumlah titik, hujan deras beberapa jam sore tadi juga mengakibatkan pohon tumbang di Blok M.

"Pohon tumbang menutupi jalan di Tl pasar raya Blok M sudah penanganan petugas," tweet TMC Polda Metro Jaya.

Banjir juga melanda kawasan permukiman, seperti Sektor 9, Bintaro. Ketinggian air pada pukul 17.30 WIB antara 20 hingga 30 sentimeter.

"Banjir 20-30 cm di Bintaro sektor 9 depan Mcd. Depan graha taman banjir 50cm tidak bisa dilewati," tweet @RadioElshinta.

Kawasan permukiman di Cilandak, juga mengalami hal yang sama. "Banjir di Jl Cilandak Dalam I, Jaksel setinggi lebih dr 30cm," tweet pemilik akun @eppy_as.

Semantara, kemacetan tak bisa dihindarkan akibat banjir dan sejumlah genangan tersebut. Bahkan, arus lalu lintas nyaris lumpuh karena kendaraan tidak dapat melintas.

"Macet total di arteri Permata Hijau menuju ke Gandaria City. mulai dr perempatan Permata Hijau," ujar netizen P Jeffrey.

Hal sama juga dialami pemilik akun @DewiRetn. "Lalin dpn ITC Permata Hijau, Jaksel macet parah sdh 1 jam tdk bergerak, tdk ada petugas."

Pemilik akun @hartboer juga mengunggah foto kondisi kemacetan parah di arteri Permata Hijau arah Pondok Indah.

"Penampakan arteri Permata Hijau arah Pdk Indah, Jaksel," tweet @hartboer pada pukul 17.33 WIB.

Imbas sejumlah genangan di Jakarta juga mengakibatkan antrean panjang atau kemacetan hingga tol Jagorawi mulai dari KM 20 arah Jakarta.

"Tol Jagorawi KM 20 arah Jakarta macet parah, imbas antrian GT Cimanggis Utama," tweet pemilik akun @dwi_herwin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini