Sukses

Jokowi Tantang Mentan Amran Gelar Kontes Domba Tingkat Nasional

Seorang perwakilan peserta menyampaikan diselenggarakannya Piala Presiden sudah menjadi kebanggaan tersendiri bagi para peternak.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menantang Menteri Pertanian Amran Sulaiman untuk mengadakan kontes domba dan kambing tingkat nasional dalam waktu dekat.

"Pertama soal Piala Presiden, saya perintahkan langsung untuk menyiapkan tahun ini bisa enggak bulan Oktober, November insya Allah nanti disiapkan. Saya nggak tahu tempatnya di mana apa di Jakarta atau di Bogor terserah," kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (27/8/2016).

Soal hadiah, Jokowi sempat menanyakan jumlah hadiah yang pantas untuk level Piala Presiden. Sebab, kontes domba tingkat nasional ini baru pertama kali dilakukan.

"Nanti akan saya siapkan hadiahnya piala dan hadiah yang gede banget. Hadiah yang gede banget itu berapa sih temen-temen? Berapa? Nomor 1 gitu juara 1 berapa?" Tanya Jokowi.

Seorang perwakilan peserta menyampaikan diselenggarakannya Piala Presiden sudah menjadi kebanggaan tersendiri bagi para peternak. Tapi, kalau Presiden ingin menyiapkan uang pembinaan pasti sangat diterima dengan baik.

"Saat ini memang Jawa Barat maksimum Rp 7-10 juta dari Pak Gubernur. Itu pun sangat baik. Jadi piala presiden sudah sangat tidak terhingga. Kami para peternak pasti akan menerima berapa pun dari Pak Presiden," ungkap salah seorang peserta.

Jokowi kemudian mencetuskan satu angka. Bagi Jokowi hadiah yang pantas nilainya mencapai Rp 1 miliar. Uang itu tentu untuk mengembangkan peternakan domba nantinya.

"Mungkin berapa ya Piala Presiden, Rp 1 miliar begitu ya. Ya kan bisa dipakai buat haji juga. Yang penting uang pembinaan ini untuk mengembangkan domba-domba peternakan kita. Mungkin Rp 1 miliar, Rp 500 juta, dan Rp 250 juta," pungkas Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.