Sukses

Awal September Menteri ESDM Baru Sudah Ada?

Presiden Jokowi memberhentikan Arcandra Tahar dari posisinya sebagai Menteri ESDM pada Senin 15 Agustus 2016.

Liputan6.com, Batam - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman yang juga merangkap sebagai Pelaksana tugas Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Luhut Binsar Pandjaitan, membenarkan kursi Menteri ESDM yang saat ini kosong akan segera terisi.

"Iya," jawab Luhut singkat saat ditanyakan apakah awal September nanti sudah ada menteri ESDM yang baru. Namun soal nama menteri baru itu, Luhut enggan memberitahu.   

"Kalau soal menteri itu tanya Bapak Presiden, itu diluar kewenangan saya," kata Luhut saat berkunjung ke Batam, Kepulauan Riau, Sabtu (27/8/2016).

Kursi Menteri ESDM kosong setelah Presiden Jokowi memberhentikan Arcandra Tahar pada Senin 15 Agustus 2016. Arcandra diberhentikan dengan hormat karena memiliki dua kewarganegaraan, yakni Indonesia dan Amerika Serikat. Jabatan Menteri ESDM saat ini dipegang oleh Menko Luhut.

Ahli hukum internasional dari Universitas Indonesia Hikmahanto Juwana sebelumnya mengatakan, pemerintah bisa mengangkat kembali Arcandra Tahar sebagai menteri atau pejabat negara, jika dia sudah kembali menjadi warga negara Indonesia (WNI).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.