Sukses

Basement Gedung Megah Teater Jakarta TIM Kerap Banjir, Kenapa?

Air merendam parkir basement TIM bukan hanya sekali, tapi sudah berulang kali.

Liputan6.com, Jakarta - Area parkir di ruang bawah tanah Taman Ismail Marzuki (TIM) di kawasan Cikini, Jakarta, kerap banjir. Hujan yang sering turun selama ini membuat ruang parkir tersebut terbengkalai tidak bisa digunakan.

Staf Bidang Sarana Prasarana TIM Victor Dololoso mengatakan, lokasi parkiran berada di bawah Teater Jakarta. Menurut dia, kondisi tersebut bukan pertama kali terjadi, apalagi hujan kerap mengguyur Ibu Kota.

"Memang bukan yang pertama kali. Apalagi kalau lagi hujan kan," ujar Victor di Jakarta, Jumat (26/8/2016).

Dia menjelaskan, faktor lainnya yang menyebabkan banjir adalah karena struktur tanah di lokasi tersebut berupa pasir.

"Struktur tanah di situ itu pasir. Dan air juga bukan hanya dari atas tapi dari bawah juga," beber Victor.

Petugas pengelola TIM lainnya, Nurul mengaku tidak mengetahui pasti penyebab banjir yang terjadi di basement Gedung Teater Jakarta TIM itu. Dia menduga, pondasi dinding dan selokan air di lokasi itu menjadi pemicu banjir lainnya.

"Ya rembesan air ya dari dinding mungkin. Dari saluran air atau apa saya juga enggak terlalu ngerti. Saluran air mampet mungkin," ujar Nurul.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kemegahan

Dikutip dari jakarta.go.id, gedung Teater Jakarta di area Taman Ismail Marzuki diresmikan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo pada 30 Oktober 2010. Kelebihan gedung Teater Jakarta tak hanya struktur bangunan yang artistik dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas pertunjukan bertaraf internasional, namun lebih dari itu, efek visual serta sound pertunjukan cukup memukau.

Gedung Teater Jakarta memiliki fasilitas berstandar internasional yang dilengkapi mesin hidrolik pada ruang teater sebagai efek pertunjukan, serta beberapa ruangan pendukung lainnya seperti ruang training, produksi serta gudang. Yang menarik gedung ini dilengkapi 10 ruang dressing room dengan toilet, wardrobe, makeup station yang mampu menampung 10 orang sekaligus.

Teater Jakarta akan semakin memanjakan para penikmat seni, pasalnya gedung ini juga dilengkapi dengan fasilitas khusus bagi penderita cacat dengan adanya akses dan toilet khusus bagi para pengguna kursi roda. Tak hanya itu desain kursi elegan dan terdiri dari dua balkon menambah kenyamanan dalam menikmati pertunjukan.

Kemegahan gedung Teater Jakarta terlihat juga dari kapasitas pengunjung pada dua ruang pertunjukan teater kecil dan teater besar. Untuk ruang teater kecil memiliki daya tampung penonton 200 sampai 300 penonton, sementara ruang teater besar yang berada tepat di sebelah ruang teater kecil memiliki daya tampung 1.200 penonton.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini