Sukses

Menelusuri Jejak Sekretariat Negara Era Kolonial Belanda

Dalam pameran ini juga dilakukan pemutaran film-film mengenai Batavia Tempo Dulu.

Liputan6.com, Jakarta - Pameran Kearsipan Kemensetneg yang bertema 'Menelusuri Jejak Algemene Secretarie dan Sekretariat Negara Dalam Arsip' digelar di aula Gedung III Kemensetneg, Jakarta. Pameran ini dibuka oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno didampingi Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung dan Kepala Staf Presiden Teten Masduki

Pameran yang akan berlangsung hingga Kamis (25/8/2016) ini menampilkan arsip mengenai Algemene Secretarie atau Sekretariat Negara pada masa kolonial Belanda dan Sekretariat Negara pada masa kemerdekaan sampai dengan saat ini.

Seperti dikutip dari setkab.go.id, materi yang ditampilkan dalam pameran tersebut antara lain dokumen kertas Algemene Secretarie, blueprint gedung Algemene Secretarie, foto Harmoni tempo dulu, foto Kantor Pemerintah Grote Huis, Patung Singa, dan patung JP Coen di Waterlooplein (Lapangan Banteng), dan lain-lain.

Adapun dokumen-dokumen yang ditampilkan yakni Surat Keputusan/Penetapan Menteri Pertama Sambutan Mensesneg AW Surjodiningrat, foto pelaksanaan Pemilu di kantor Kementerian Sekretariat Negara, foto serah terima jabatan Menteri Sekretaris Negara dari Bondan Gunawan kepada Djohan Effendi, dan foto Upacara HUT Kemerdekaan RI di Kementerian Sekretariat Negara tahun 1992.

Selain itu ada juga foto/video kegiatan Mensesneg mendampingi Presiden di dalam dan luar negeri, dan video peresmian gedung Kementerian Sekretariat Negara tahun 1984.

Dalam pameran ini juga dilakukan pemutaran film-film mengenai Batavia Tempo Dulu, Perjuangan Bangsa, dan Lagu Indonesia Raya 3 Stansa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.