Sukses

Ahok: Ganjil-Genap Bikin Jalanan Longgar, Tapi Bukan Solusi

Menurut Ahok, sistem ganjil genap telah mengurangi kemacetan di jalan-jalan protokol Ibu Kota hingga 20 persen setiap hari.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menyebut, penerapan sistem ganjil-genap di Jakarta cukup berhasil. Sistem ini sebelumnya telah diuji coba selama satu bulan.

"Cukup oke ya (uji coba ganjil genap). Besok kita lihat hasil evaluasinya seperti apa," ujar Ahok di Balai Kota Jakarta, Kamis (25/8/2016).

Ahok mengatakan, keberhasilan penerapan sistem ganjil genap tidak terlepas dari pengawasan petugas di lapangan. Meski begitu, Ahok mengingatkan, sistem ganjil-genap hanya solusi sementara mengurangi kemacetan. Sebab, solusi utama adalah sistem Electronic Road Pricing (ERP).

"Kemarin kalau enggak ada petugas memang los. Ganjil-genap ini bukan solusi sebetulnya. Menjelang ke ERP. Tapi memang relatif agak longgar nih jalan," kata Ahok.

Menurut Ahok, sistem ganjil-genap telah mengurangi kemacetan di jalan-jalan protokol Ibu Kota hingga 20 persen setiap hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini