Sukses


Ketua MPR Dukung Ic-tuchi Sukseskan Konferensi Internasional

Liputan6.com, Jakarta Bertempat di Ruang Kerjanya, Gedung Nusantara III kompleks Parlemen Jakarta, pada Rabu (24/8), Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menerima delegasi International Conference On Thought on Human Science In Islam (Ic-tuchi).

Ic-tuchi merupakan pusat riset ilmu-ilmu manusia yang bernaung di bawah Mustafa International University dan Sekolah Tinggi Filsafat Islam (STFI) Sadra Jakarta. Delegasi Ic-tuchi dipimpin salah satu penelitinya Sayuti Asyatri dan Prof. Dr. Mufed Husein.

Kepada Ketua MPR, delegasi Ic-tuchi menyampaikan rencananya melaksanakan konferensi international. Konferensi tersebut akan diikuti para peneliti ilmu-ilmu manusia dari berbagai negara. Mereka berkumpul untuk mencari ilmu-ilmu agama yang ada dalam Al Quran, dan bisa diterima semua orang, baik yang umum maupun khusus.

Bagi Ic-tuchi, konferensi kali ini merupakan yang ketiga. Konferensi pertama dilaksanakan pada 2014, melibatkan 85 perkumpulan peneliti. Konferensi kedua dilaksanakan pada 2015, melibatkan 85 perkumpulan peneliti dari 17 negara.

"Kami meminta Ketua MPR untuk berkontribusi, terutama untuk menjadi salah satu pembicara pada acara tersebut', kata Sayuti Asyatri menambahkan.

Sejak lama, menurut Sayuti masyarakat hanya mengenal Al Quran untuk membedakan halal haram. Padahal, Al Quran juga berisi antara lain tradisi para sahabat nabi, dalam segala aspek. Termasuk ilmu-ilmu manusia yang harus dikembangjkan. Sehingga seolah itu bukan ilmu Islam.

Menjawab harapan tamunya, ketua MPR menyatakan kesiapan. Baik untuk menjadi pembicara atau membuka dan membuka konferensi tersebut. Zulkifli berharap, acara tersebut akan berlangsung secara baik, dan menghasilkan pemikiran-pemikiran yang berguna bagi seluruh masyarakat.