Sukses

Kepala BIN Sutiyoso Datangi Parlemen, Ada Apa?

Sutiyoso menyerahkan sepenuhnya kepada Jokowi tentang posisi Kepala BIN.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Intelijen Nasional (BIN) Sutiyoso mendatangi Gedung DPR/MPR/DPD Senayan, Jakarta Pusat. Namun, dia enggan berkomentar banyak soal tujuan kedatangannya.

"Habis ketemu Ketua MPR saja. Soal apa, itu enggak bisa saya ceritain dong. Itu yang enggak boleh tahu," ucap Sutiyoso di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (23/8/2016).

Ketika ditanya soal penggantian posisi Kepala BIN, pria yang dikenal dengan panggilan Bang Yos itu mengaku tak tahu. Apalagi tentang surat dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi ke DPR.

"Kalau ditanya soal itu, saya sama sekali enggak tahu, cuma tiap hari saya dengar rumor dari kalian. Jadi kalau saya tidak tahu mau dijawab apalagi, kan gitu kan," ujar Sutiyoso.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini pun menyerahkan sepenuhnya kepada Jokowi tentang posisi Kepala BIN. Sebab, penggantian tersebut merupakan hak prerogatif presiden.

"Kalian tunggu ajalah, itu kan semua hak prerogatif presiden," kata Sutiyoso.

Dia pun mengaku belum berkomunikasi dengan Jokowi. Dia pun enggan berbicara tentang pergantian itu ke presiden. "Belum ada. Saya pernah menghadap, tapi enggak bicara soal ini. Seperti biasa kan Kepala BIN melaporkan hal-hal yang kita anggap penting harus diketahui presiden, tapi tidak untuk jadi konsumsi masyarakat," papar dia.

Dia mengaku siap jika digantikan dengan Wakapolri Komjen Budi Gunawan. "Harus siap dong. Sekarang di sana kan (BIN) ada unsur PNS, dari TNI darat atau udara, polisi, dan tidak ada masalah," ucap Sutiyoso.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini