Sukses

Arak-arakan Tontowi / Liliyana Cs Bakal Dikawal 1.322 Polisi

Polisi tidak mempersiapkan rekayasa lalu lintas atau pengalihan arus dalam konvoi dan arak-arakan rombongan atlet Olimpiade Rio 2016.

Liputan6.com, Jakarta - Polda Metro Jaya mengerahkan 1.322 personel gabungan, untuk mengamankan konvoi dan arak-arakan Kontingen Indonesia yang baru pulang dari Olimpiade Rio De Janeiro Brasil 2016. Sesuai jadwal, sambutan untuk Tontowi/Liliyana dan kawan-kawan yang mendarat di Bandara Internasional Soekarno Hatta, akan dimulai pukul 16.00 WIB.

"Jadi untuk pengamanan kepulangan atlet dari Brasil, kami turunkan 1.322 personel gabungan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Awi Setiyono kepada Liputan6.com, Jakarta, Selasa (23/8/2016).

"Dari Polda Metro Jaya sendiri ada 1.145 orang, Polres Jakarta Selatan 60 personel, Polres Jakarta Pusat 85 personel dan Polres Bandara 32 personel," ujar dia.

Awi menjelaskan, rute arak-arakan rombongan kontingen Indonesia dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) hari ini, mulai dari Bandara Soekarno-Hatta, masuk pintu tol. Lalu keluar di Tol Semanggi menuju Jalan Gerbang Pemuda Senayan.

Kemudian, tutur Awi, melewati Jalan Asia Afrika Senayan-Jalan Jenderal Sudirman-Jalan MH Thamrin dan berakhir di Istana Negara. "Untuk besok rencana ke Istana, rute menyusul."

Awi mengatakan, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) tidak mempersiapkan rekayasa lalu lintas atau pengalihan arus, dalam konvoi dan arak-arakan rombongan atlet Rio 2016. Polisi hanya memberlakukan sistem buka tutup yang sifatnya situasional.

"Belum ada. Pengaturan lalu lintas hanya buka tutup saja, saat rombongan lewat maka jalanan kita sterilkan," pungkas Awi.

Indonesia menempati peringkat ke-46 dari 207 negara yang berpartisipasi dalam perhelatan olahraga paling bergengsi tingkat dunia, Olimpiade Rio 2016.

Dua atlet dari cabang olahraga bulu tangkis Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir menyumbangkan medali emas dari aksi ganda campuran. Sementara, dua atlet dari cabang angkat besi, Eko Yuli Irawan dan Sri Wahyuni Agustiani, menyumbangkan dua medali perak.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.