Sukses

Keinginan Terbesar Paskibraka Sulbar Mengunjungi Makam Soekarno

Liputan6.com, Jakarta Keinginan Chandra Gunawan mengunjungi makam Ir Soekarno belum tercapai. Malah saat ini ia sedang berada di Malaysia guna melakukan sejumlah kegiatan bersama anggota Paskibraka yang lain. Mempromosikan budaya Indonesia di Kedutaan Besar Republik Indonesia, mengunjungi menara kembar Petronas, dan melepas penat dengan mencoba wahana bermain di Genting.

Potret Chandra Gunawan, Siswa SMA Negeri 1 Majene, Saat Melihat Setiap Sudut Museum Bank Mandiri (Foto: ADIITOO.com)

Chandra yang merupakan Paskibraka dari Sulawesi Barat bersama Ade Yuliana Iswan memang kerap menghabiskan waktu berkunjung ke tempat-tempat bersejarah yang ada di daerah asalnya. Baik itu suatu kota, daerah, makam, atau museum.

Begitu dipercaya mewakili Sulawesi Barat mengikuti seleksi Paskibraka tingkat nasional di Cibubur, siswa SMA Negeri 1 Majene ini ingin sekali mengunjungi makam Presiden Soekarno. "Beliau adalah Bapak Proklamator. Tanpa beliau dan kaum pemuda-pemudi pada zamannya, Indonesia tidak akan merdeka dan saya tidak akan di sini mewakili Sulawesi Barat menjadi seorang Paskibraka," kata Chandra pada Selasa (23/8/2016)

Meski Keinginan Berkunjung ke Makam Ir Soekarno Belum Terwujud, Chandra Bersyukur Pernah Menginjakkan Kaki di Museum Bank Mandiri. Saat Ini Chandra dan Paskibraka yang Lain Sedang Berada di Malaysia (foto: ADIITOO.com)

Namun Chandra bersyukur masih bisa mengunjungi Museum Bank Mandiri beberapa hari yang lalu. Menurut Chandra, banyak pelajaran berharga yang didapat selama mengunjungi museum yang terletak di kawasan Kota Tua tersebut.

"Selama di museum kita belajar tentang sejarah dan peninggalan tentang bank. Seperti pecahan uang, juga brankas zaman dulu yang masih tersimpan dengan sangat baik sampai sekarang," kata Chandra. Putra pasangan Gunawan Mulyadi dan Masyita ini lahir di Majene, 14 Januari 2000.

Chandra Gunawan (Paskibraka putra dari Sulbar) dan Krisan Valerie Sangari (Paskibraka putri dari Sulawesi Utara) Menikmati Momen Kebersamaan Saat Mengunjungi Museum Bank Mandiri yang Terletak di Kawasan Kota Tua (foto: ADIITOO.com)

Chandra mengaku kagum setelah menelusuri setiap sudut Museum Bank Mandiri. Chandra takjub bagaimana pihak museum menjaga semua barang-barang lama tersebut dengan sangat baik.

"Tempat penyimpanannya saja dijaga dan dikurung kayak ditaruh di sebuah jeruji gitu agar semua berkas dan uang-uangnya aman," kata Chandra menambahkan.