Sukses

Jokowi Kenakan Ulos Kebesaran Raja Batak di Karnaval Danau Toba

Di karnaval Danau Toba, Jokowi akan mengenakan Ulos Ragidup Sirara yang biasa digunakan bagi kaum bapak yang terhormat atau para raja.

Liputan6.com, Balige - Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana menanam pohon di Desa Tomok, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Minggu (21/8/2016). Kegiatan itu merupakan rangkaian dari kunjungan kerja presiden selama di Provinsi Sumatera Utara.

"Saya titip, saya ingin kawasan Danau Toba hijau lagi," ujar Presiden Jokowi dalam acara penanaman pohon penghijauan yang diikuti ratusan pelajar dan pramuka.

Ia meminta agar pohon yang sudah ditanam dirawat dan diawasi agar tumbuh menjadi pohon yang besar.

"Sampai akhir Desember 2016 akan ditanam sejuta pohon, saya ingin tumbuh semua jangan sampai ditanam sejuta yang tumbuh hanya 100 pohon," kata Jokowi.

Jokowi  menyebutkan pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan memberikan bantuan pompa air untuk pemeliharaan tanaman itu. Khusus di Desa Tomok, area yang dihijaukan mencapai 150 hektare yang akan menjadi kebun raya. Jokowi mengatakan selain tanaman buah, juga ada tanaman keras yang ditanam di area itu.

"Saya berharap nantinya kebun raya ini menjadi tempat penelitian yang baik, sekali lagi agar dirawat dan dipelihara sehingga pohon-pohon ini tumbuh," kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Karnaval Danau Toba

Setelah mengikuti kegiatan tersebut, Jokowi selanjutnya akan melepas seratusan peserta Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba di Balige, Sumatera Utara. Kegiatan Karnaval sebenarnya sudah berlangsung sejak 20 Agustus 2016. Hari ini merupakan puncak dari kegiatan promosi pariwisata tersebut.

"Menurut rencana Presiden akan melepas peserta karnaval pukul 15.00 WIB. Peserta karnaval diikuti seratusan dari berbagai provinsi, bukan hanya dari Sumatera Utara," kata Ketua Panitia Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba, Premita Fifi, seperti dilansir Antara.

Sejumlah artis juga memeriahkan Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba, selama dua hari itu, antara lain Sammy Simorangkir, Edo Kodologit, Dewa Budjana dan Tohpati, Oppie Andaresta, JFlow, serta Slank.

Premita mengatakan, kegiatan karnaval merupakan upaya untuk mempromosikan Prapat dan Danau Toba sebagai salah satu destinasi nasional juga dunia yang selama ini sudah cukup dikenal. Kegiatan promosi Danau Toba diharapkan akan terus berlangsung setiap tahunnya sehingga lokasi itu akan tetap menarik bagi wisatawan lokal dan mancanegara.

Dalam karnaval tersebut, Jokowi akan mengenakan Ulos Ragidup Sirara yang biasa digunakan bagi kaum bapak atau pribadi yang terhormat atau para raja. Sedangkan Ibu Negara Iriana mengenakan Ulos Tum-Tuman dan motif ulos itu sudah langka dan digunakan kaum ibu.

Pembukaan karnaval oleh Presiden dilakukan dengan memukul Gondang Telu sebanyak tujuh kali diikuti pemusik dan akan dipandu dengan mengajak penonton menghitung sampai tujuh dalam Bahasa Batak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.