Sukses

Sosok Minggu Ini: Jejak Langkah Tontowi-Liliyana Menggapai Juara

Meski datang ke Olimpiade Rio de Janeiro sebagai unggulan ke tiga, namun pasangan yang akrab di sapa Owi dan Butet ini mampu meraih emas.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah 8 tahun menunggu, akhirnya cabang bulu tangkis berhasil mengembalikan tradisi meraih medali emas Olimpiade, setelah pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir berhasil meraihnya.  

Ini merupakan medali emas satu-satunya yang diraih kontingen Indonesia di ajang Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro. 

Hampir 2 minggu perhelatan Olimpiade 2016 diselenggarakan, akhirnya lagu Indonesia Raya berkumandang. Lewat perjuangan keras pasangan ganda campuran Indonesia Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir. Mereka mengalahkan ganda campuran asal Malaysia, Peng Soon Chan dan Liu Ying Goh lewat dua set langsung 21-14 dan 21-12.

Meski datang ke Olimpiade Rio de Janeiro sebagai unggulan ke tiga, namun pasangan yang akrab di sapa Owi dan Butet ini mampu tampil konsisten dan mampu mengalahkan lawan-lawannya di babak penyisihan. Termasuk pasangan sesama Indonesia, Praven Jordan dan Debby Susanto, serta pasangan nomor satu dunia asal Tiongkok, Zhang Nan dan Zhao Yun Lei.

Rasa syukur dan bangga juga tercurah dari orang tua Butet di kota kelahirannya Manado, Sulawesi Utara. Olly Maramis sang ibunda Butet mengaku sempat merasakan ketegangan saat menyaksikan sang buah hati bertanding di partai final.

Begitu pula yang di rasakan oleh keluarga Tontowi Ahmad di Banyumas, Jawa Tengah. Muhamad Kusni dan Masruroh ayah dan ibu Owi ikut berdiri dan memberi hormat saat lagu Indonesia Raya berkumandang di Paviliun 4 Rio de Janeiro, Brasil.

Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir berpasangan sejak awal 2010, segudang prestasi diraihnya. Juara All England 3 kali berturut-turut , tahun 2012,2013 dan 2014. Serta merebut gelar juara dunia pada tahun 2013 dan beberapa kali menjuarai kejuaraan super series dunia .

Kini Olimpiade 2016 sudah menjadi penuntas dahaga, Owi dan Butet berhasil mempersembahkan satu satunya medali emas bagi Indonesia, lengkap sudah gelaran juara yang di raih keduanya.

Saksikan kisah selengkapnya dalam Sosok Minggu Ini yang ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Minggu (21/8/2016), di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.