Sukses

Taliban Ancam Serang Fasilitas Amerika

Anggota Taliban bersumpah akan menyerang fasilitas Amerika Serikat di Afghanistan. Ini disampaikan salah satu anggotanya dalam video rekaman yang ditayangkan sejumlah stasiun televisi di Arab dan Pakistan.

Liputan6.com, Islamabad: Sejumlah stasiun televisi Arab dan Pakistanmenayangkan rekaman video petinggi Taliban Hakimullah Mehsud. Pria tersebut didampingi seorang pengikut Taliban lainnya, Human Khalil Abu Mulal Al Balawi.

Dalam rekaman, Al Balawi mengancam Amerika Serikat. Pihaknya bersumpah akan menyerang fasilitas AS di Afghanistan. Ini merupakan aksi balas dendam terhadap AS yang sudah membunuh salah satu pimpinan mereka, Baitulah Mehsud, dalam serangan udara tak berawak pada awal Agustus 2009 lalu.

Sebelum video beredar, Balawi yang bekerja sebagai informan AS meledakkan diri di Pangkalan Chapman, sebelah timur Afghanistan. Serangan itu menewaskan tujuh staf CIA.(OMI/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.