Sukses

VIDEO: Amien Rais Desak Megawati Segera Umumkan Nama Cagub DKI

Menurut Amien hal itu perlu dilakukan jauh-jauh hari agar enam partai yang tergabung di koalisi kekeluargaan tidak terkecoh.

Liputan6.com, Jakarta - Pendiri DPP PAN Amien Rais mendesak Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri segera mengambil keputusan terkait pemilihan Gubernur DKI. Pernyataan itu dikeluarkan usai acara Refleksi Hari Kemerdekaan ke-71 RI dengan sejumlah tokoh masyarakat di Jakarta Utara, Jumat malam, 19 Agustus 2016.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Sabtu (20/8/2016), menurut Amien hal itu perlu dilakukan jauh-jauh hari agar enam partai yang tergabung di koalisi kekeluargaan tidak terkecoh.

"Ini yang pemain yang sedang dinantikan itu Bu Megawati. Saya dengar kalau Bu Megawati mengeluarkan kartu, misalnya Bu Risma maka Partai Demokrat, Gerindra, PKB, PPP, PKS, PAN, itu akan makmum pada PDIP," kata Amien.

Amien menambahkan, sejumlah pihak yang mempengaruhi Megawati dalam mengambil keputusan juga diminta untuk mempertimbangkan kepentingan nasional ketimbang kepentingan modal.

Sejauh ini DPP PDI Perjuangan memang belum memunculkan nama calon Gubernur DKI Jakarta. Figur pasangan Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful masih dalam pertimbangan menyusul klaim Ahok yang didukung Megawati.

Usai rapat yang berlangsung sampai Jumat malam di Kantor DPP di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, sejumlah tokoh PDIP justru berdalih pembahasan rapat tak membawa isu Pilkada DKI. Tetapi membicarakan pilkada daerah lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.