Sukses

Tak Ada Rekaman CCTV Pertemuan Freddy Budiman dan Haris Azhar

Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) Polri memastikan tak ada bukti rekaman suara dari pertemuan Haris Azhar dan Freddy Budiman pada 2014.

Liputan6.com, Jakarta - Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) Polri menyambangi Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah. Salah satunya untuk melihat rekaman CCTV di ruang kunjungan. Ternyata, tidak ada kamera CCTV di ruang kunjungan narapidana di lapas di Nusakambangan.

Penelusuran tim pencari fakta testimoni Freddy Budiman mengungkap CCTV hanya ada di tempat-tempat khusus.

"CCTV hanya ada di ruang isolasi atau ruang untuk tahanan dengan hukuman super maksimum," kata Anggota TGPF Hendardi saat dihubungi di Jakarta, Jumat (19/8/2016).

Selain itu, dia memastikan tak ada bukti rekaman suara dari pertemuan Haris Azhar dan Freddy Budiman pada pertengahan 2014. Sebab, pihak lapas melarang seluruh pengunjung untuk membawa barang elektronik, seperti telepon genggam. Apalagi alat perekam.

"Tapi kalau di ruang pertemuan itu tidak ada. Dan enggak boleh bawa rekaman, handphone saja tidak boleh dibawa masuk LP. Jadi memang pertemuan itu tidak ada bukti rekaman," terang Hendardi.

John Refra Kei alias John Kei membenarkan pertemuan Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (Kontras) Haris Azhar dengan mendiang Freddy Budiman di Lapas Nusakambangan. Terpidana kasus pembunuhan bos PT Sanex Steel Indonesia, Tan Harry Tantono alias Ayung, itu menjadi saksi pertemuan yang terjadi pada pertengahan 2014 tersebut.

"Membenarkan. Kesimpulan sementara dari saksi yang kami temui memang benar ada pertemuan itu," ujar Hendardi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini