Sukses

Saksi Kunci Ini Lihat Gerak-Gerik Jessica di Kafe Olivier

Saksi kunci yang dimaksud adalah Direktur Pemasaran PT Kia Mobil Indonesia Hartanto Sukmono.

Liputan6.com, Jakarta - Pengacara terdakwa Jessica Kumala Wongso, Otto Hasibuan mengungkapkan ada saksi kunci yang melihat gerak-gerik kliennya itu di Kafe Olivier, Grand Indonesia, Jakarta Pusat, 6 Januari 2016 atau sebelum Wayan Mirna Salihin kolaps usai minum es kopi Vietnam.

Saksi kunci yang dimaksud adalah Hartanto Sukmono. Pria yang menjabat sebagai Direktur Pemasaran PT Kia Mobil Indonesia ‎itu disebut-sebut berada tak jauh dari meja nomor 54 Kafe Olivier, tempat duduk Jessica saat itu.

"‎Ini sangat penting, karena Direktur Kia itu ada saat kejadian, saksi mata dia," ujar Otto di sela persidangan kasus 'kopi sianida' di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis (18/8/2016).

Namun Otto tidak tahu persis di meja nomor berapa Hartanto duduk. Yang jelas saat itu, posisinya cukup dekat dengan Jessica, sehingga dapat melihat gerak-gerik ‎terdakwa pembunuh Wayan Mirna Salihin itu pada 6 Januari 2016.

"Ada sekitar 2,5 meter (dari Jessica). Dia juga sudah diperiksa oleh penyidik, keterangannya ada di BAP (Berita Acara Pemeriksaan)," tutur dia.

Pengacara kondang ini menjelaskan, ‎Hartanto tidak melihat Jessica memasukkan sesuatu ke dalam gelas es kopi Vietnam yang diminum Mirna. Pada rentan waktu pukul 16.20-16.30 WIB, Jessica terlihat tengah memainkan ponselnya.

"Jadi kalau itu ada, berarti kan apa yang ditunjukkan saksi ahli rekaman, (tangan Jessica) masuk ke tas itu nggak bener dong. Karena ternyata dia di situ bukan megang tas, tapi megang telepon," tandas Otto.

‎Gerak-gerik Jessica juga terekam CCTV Kafe Olivier yang ditayangkan di persidangan sebelumnya. Aktivitas Jessica yang terekam di kamera CCTV itu bahkan telah dijelaskan secara detail oleh dua ahli digital forensik yakni AKBP M Nuh Al Azhar dan Christopher Hariman Rianto.

Ada beberapa kejanggalan pada aktivitas Jessica selama menunggu Mirna dan Hanie di Kafe Olivier. Salah satunya, terdapat gerakan pixel yang menunjukkan tangan Jessica masuk ke dalam tas yang ada di sampingnya. Sejurus kemudian, tangan bergeser ke atas meja, seperti tengah memasukkan sesuatu ke gelas kopi Mirna.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini