Sukses

VIDEO: Profil Tontowi/Liliyana, Ganda Campuran Peraih Medali Emas

Sebelum berpasangan dengan Tontowi Ahmad, Liliyana sempat dipasangkan dengan sejumlah atlet berprestasi.

Liputan6.com, Rio de Janeiro - Sederet prestasi telah diraih pasangan Manado-Banyumas, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir yang dipasangkan sejak 6 tahun lalu.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Kamis (18/8/2016), kemenangan Tontowi Ahmad disambut sujud syukur kedua orangtua Tontowi di kediamannya di Banyumas, Jawa Tengah.

Lahir di Banyumas, Owi, anak ke-3 pasangan M Kusni dan Masruroh, memulai karirnya dari Pelatnas. Berpasangan dengan Liliyana Natsir, Owi makin mantap mengumpulkan gelar juara. Emas di Olimpiade Rio ini menjadi yang pertama bagi Owi.

Karir cemerlangnya ini tak lepas dari dukungan istrinya Michele Nabila yang dinikahinya Agustus 2014 silam. 

Sementara Liliyana Natsir atau Butet yang lahir di Manado, 30 tahun silam mulai serius menekuni bulu tangkis sejak usia 12 tahun.

Sebelum berpasangan dengan Tontowi Ahmad, Butet telah berpasangan dengan sejumlah pemain, seperti Vita Marissa di ganda putri yang meraih emas Asian Games, serta Nova Widianto yang meraih medali perak Olimpiade Beijing 2008 dan sempat menjadi pasangan peringkat satu dunia.

Butet mulai berpasangan dengan Tontowi sejak 2010 dan dalam waktu singkat menjadi salah satu pasangan terkuat di dunia. selain juara dunia bersama Owi, Butet meraih hat-trick juara All England.

Kemenangan pasangan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir ini meneruskan tradisi meraih medali emas dari cabang bulu tangkis di ajang Olimpiade.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.