Sukses

Veteran Belanda Hadiri Upacara HUT Kemerdekaan RI di Den Haag

Meneer Toetenel, salah seorang veteran Belanda yang hadir, menyampaikan rasa senangnya bisa mengikuti upacara HUT RI.

Liputan6.com, Den Haag - Sebanyak 11 veteran Belanda mengikuti upacara pengibaran bendera dan ikut menghormat Bendera Merah Putih pada upacara peringatan HUT ke-71 Kemerdekaan Republik Indonesia yang berlangsung di halaman Sekolah Indonesia Den Haag, Belanda pada Rabu pagi tepat pukul 10.00 waktu Belanda.

"Dengan penuh rasa hormat, para veteran itu ikut menaikkan tangannya memberi hormat hingga bendera Merah Putih sampai di puncak tiang, kata Minister Counsellor Pensosbud KBRI Den Haag, Azis Nurwahyudi seperti dikutip Antara, Rabu (17/8/2016).

Ratusan warga dan mahasiswa Indonesia yang tinggal di berbagai kota di negeri Kincir Angin juga turut hadir dan memberikan penghormatan kepada Sang Merah Putih yang dikibarkan dengan iringan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Meneer Toetenel, salah seorang veteran Belanda yang hadir, menyampaikan rasa senangnya. Tahun ini adalah untuk yang kelima kalinya dia hadir di upacara HUT RI. Toetenel berharap hubungan baik antara Indonesia dan Belanda terus berlanjut di masa depan.

Sementara itu Lorenz Bagaskoro Hammes, yang ibunya orang Indonesia sangat semangat untuk hadir. Mereka berangkat dari Kota Maastrich jam enam pagi agar bisa turut upacara di Den Haag.

Menurut Lorenz, Ini adalah kegiatan tahunan yang menarik dan tidak boleh dilewatkan. Selain senang melihat upacara, juga karena ada makanan khas Indonesia.

Dalam pidatonya, Dubes RI untuk Belanda Wesaka Puja yang bertindak sebagai inspektur upacara menyampaikan perkembangan Indonesia yang diambil dari Pidato Presiden Joko Widodo di depan Sidang Tahunan MPR 2016.

Selain itu, Dubes Puja menyampaikan perkembangan hubungan Indonesia-Belanda yang semakin erat dengan berbagai capaian, baik dalam bidang politik, ekonomi, sosial budaya dan pendidikan.

Selepas upacara, Dubes Puja menjamu makan siang para anggota Paskibra di Wisma Duta. Verrel Kadarusman, komandan Paskibra, mengatakan kebanggaannya bisa menjadi anggota Paskibra dan diberi tanggung jawab sebagai komandan pasukan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini