Sukses

Diplomat Korut Itu Ternyata Membelot ke Korsel

Thae Yong-ho menghilang awal bulan ini dengan istri dan anak-anaknya dari gedung Kedutaan Besar Korut di pinggiran Ealing, London Barat.

Liputan6.com, Seoul - Seorang diplomat utama Korea Utara yang hilang dari kedutaan besar negaranya di London, Inggris dipastikan telah membelot ke Korea Selatan, seperti disampaikan oleh pejabat di Seoul.

Thae Yong-ho, nama diplomat itu, menghilang awal bulan ini dengan istri dan anak-anaknya dari gedung Kedutaan Besar Korea Utara di pinggiran Ealing, London Barat.

Kementerian Unifikasi Seoul yang dikonfirmasi pada Rabu kemarin mengatakan Thae Yong-ho yang tak lain Wakil Dubes Korea Utara untuk Inggris itu telah membelot ke Korea Selatan dengan keluarganya.

"Thae adalah diplomat tingkat tertinggi pejabat Korea Utara yang membelot ke Korea Selatan," kata Jeong Joon-hee, seorang juru bicara di Kementerian Uifikasi, dalam konferensi pers di Seoul seperti dikutip dari The Guardian, Rabu (17/8/2016).

Ditegaskan, saat ini Thae Yong-ho dan keluarganya berada dalam perlindungan pemerintah Korsel.

"Dia sudah lelah dengan rezim Kim Jong-un dan merindukan sebuah negara liberal dan demokratis dan khawatir tentang masa depan anak-anaknya," kata Jeong.

Jeong juga mengatakan bahwa kasus tersebut menunjukkan bahwa kekecewaan di kalangan kelas penguasa Korea Utara sudah tersebar luas dengan melemahnya rezim Kim Jong-un.

Sementara itu, lari dari Korea Utara tentu saja berisiko. Rezim Kim Jong-un biasanya menuntut balas dendam pada kerabat dan teman-temannya yang masih berada di Korea Utara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.