Sukses

VIDEO: Perayaan Unik HUT ke-71 RI di Sejumlah Daerah

Di sejumlah daerah, banyak warga merayakan HUT RI ke-71 dengan beragam cara yang unik.

Liputan6.com, Blora - Beragam cara dilakukan warga di sejumlah daerah untuk memperingati Hari Kemerdekaan ke-71 RI .

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Rabu (17/8/2016), puluhan warga desa Gandu, Kecamatan Bogorejo, Blora, berjalan kaki menuju puncak bukit Pencu. Mereka rela sesaat meninggalkan pekerjaannya sebagai petani untuk menggelar upacara di atas bukit.

Warga memilih bukit Pencu karena bukit tersebut merupakan bukit tertinggi di Kabupaten Blora yakni 400 meter di atas permukaan laut.

Dengan mendaki bukit Pencu, warga bisa mengingat beratnya perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan. Untuk mengibarkan bendera merah putih, warga menggunakan bambu yang diberi tali untuk mengerek bendera. 

Sementara itu, di Semarang, Jawa Tengah, warga memperingati 17 Agustus dengan mengibarkan bendera merah putih di tambak. Dengan membawa bendera merah putih yang diikat di bambu, warga berenang ke tengah tambak ikan di kampung Tambakrejo, Semarang Timur.

Setelah berhasil mencapai tengah tambak sedalam satu meter, bambu langsung ditancapkan dan bendera merah putih pun berkibar. Berkibarnya sang merah putih langsung disambut lagu Indonesia Raya oleh warga.

Di Lamongan, Jawa Timur, sejumlah petani menggelar upacara peringatan kemerdekaan Indonesia di areal persawahan. Selain memakai pakaian apa adanya, sebagian petani membawa alat bertani. Upacara pun bahkan diikuti tanpa alas kaki.

Upacara dilakukan sebagai bentuk rasa cinta pada bangsa Indonesia dan penghormatan pada para pejuang kemerdekaan. Selain itu, upacara juga dilakukan untuk bersilaturahmi antar petani di desa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini