Sukses

Profil Nilam Sukma, Paskibraka Pembawa Baki Bendera

Liputan6.com, Jakarta Nilam Sukma dari tim Arjuna terpilih sebagai pembawa baki dalam upacara pengibaran bendera merah putih di Istana Merdeka. Ia merupakan Paskibraka putri perwakilan DKI Jakarta yang tercatat sebagai siswi SMA Negeri 67 Halim Perdana Kusuma, Jakarta.

Sementara yang bertugas sebagai cadangan adalah Hilda Jawa Timur, SMA Negeri 2 Pare.

Penunjukkan tim arjuna sebagai tim yang bertugas mengibarkan bendera merah putih disampaikan langsung oleh Kepala Garnisun Tetap 1 Jakarta Yosua Pandit Sembiring di Wisma Negara pada Rabu (17/8/2016).

"Pada dasarnya baik pengibar dan penurun bendera merah putih memiliki tugas yang sama. Tidak perlu ada yang disombongkan," kata Yosua Pandit Sembiring.

Terpilihnya Nilam Sukma sebagai pembawa baki melewati proses yang panjang. Ia terus dilatih selama tiga minggu masa Diklat Paskibraka 2016 di PP-PON Menpora, Cibubur, Jakarta Timur di bawah tanggung jawab tim Garnisun.

Nilam Sukma

Tercatat sudah lebih dari 8 kali Nilam Sukma dilatih sebagai pembawa baki sejak pelatihan PBB dan formasi hari pertama. Bahkan saat latihan gladi bersih pada 15 Agustus 2016, Nilam dan kelompoknya dilatih sebagai tim yang bertugas mengibarkan bendera merah putih pada perayaan HUT RI 71.

"Saya juga mengucapkan selamat atas terpilihnya sebagai petugas Paskibraka. Mendorong untuk lebih berprestasi lagi," kata Yosua Pandit.

Nama : Nilam Sukma
Nama Panggilan : Nilam
Nama orangtua : Istohari dan Suwarti
Tempat Tanggal Lahir : Jakarta 19 Oktober 2000
Asal sekolah : SMA Negeri 67 Jakarta
Agama : Islam
Keterampilan : Olahraga
Kemampuan Bahasa : Inggris

 

 

 

1 dari 2 halaman

Tanda-tanda Nilam Sukma Bakal Jadi Pembawa Baki

Sedari awal masa karantina di Wisma PP-PON Menpora di Cibubur, Nilam Sukma memang mengincar posisi sebagai pembawa baki. Selain untuk membanggakan kedua orangtua dan sang kakak, Nilam ingin perwakilan DKI Jakarta kembali membawa baki.

"Aku optimis. Sudah lama soalnya DKI Jakarta nggak bawa baki," kata Nilam saat ditemui Liputan6.com di Hotel Sriwijaya, Jakarta Pusat, Selasa malam (16/8/2016)

Para pelatih dari tim Garnisun, akan melakukan dril anggota Paskibraka yang dirasa pantas membawa baki untuk menerima bendera merah putih yang kedua dari Presiden Joko Widodo.

Dari pantauan kami, Nilam Sukma yang merupakan atlet voli sudah lebih dari delapan kali dilatih sebagai pembawa baki.

Koordinator Pelatih Paskibraka Mayor CHB Amar mengatakan Jika para pelatih Paskibraka dari tim Garnsiun sudah menemukan ada anggota Paskibraka yang terlihat semakin baik dibanding teman-temannya dari hari ke hari, pelatih akan melakukan dril. "Karena dril salah satu untuk menunju kemampuan dia lebih lagi daripada sebelumnya. Sehingga jika nanti ditunjuk sudah siap," kata Amar seperti artikel yang dimuat pada Selasa, 2 Agustus 2016.

Dril adalah mengulang kegiatan atau dalam ranah Tentara disebut sebagai pelaksanaan praktik sehari-hari. Apabila sosok yang diinginkan sudah ditemukan, tim dari Garnisun akan melatih dia lebih keras lagi, termasuk seluruh gerakan yang belum ia kuasai. Dari situ kami berani coba menerka-nerka siapa anggota Paskibraka putri yang berhak mendapatkan tugas sebagai pembawa baki.

Nilam Sukma juga banyak dijagokan oleh Paskibraka putri yang lainnya. Seperti Aqilla, Paskibraka putri dari Jawa Tengah memprediksi Nilam Sukma, Paskibraka dari DKI Jakarta yang bakal jadi pembawa baki.

"Dia langkahnya bagus. Postur tubuhnya juga bagus. Langkahnya bagus. Bawa baki nggak miring, nggak kayak aku. Semakin ke sini, Nilam juga semakin bagus," kata Aqila.

Begitu juga dengan Gloria Natapradja Hamel yang semangat menyebut nama Nilam Sukma saat ditanya siapa Paskibraka putri yang pantas membawa baki saat upacara penaikkan bendera.