Sukses

Jokowi Jadi Inspektur Upacara Peringatan HUT ke-71 RI di Istana

Upacara proklamasi akan ditandai dengan 17 kali tembakan meriam, sirine, bedug di masjid, dan lonceng gereja selama satu menit.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo akan memimpin langsung upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-71 Republik Indonesia hari ini di Istana Kepresidenan pada Rabu (17/8/2016) pagi ini. Rangkaian acara unik juga menghiasi proses upacaraHUT ke-71 RI ini.

Upacara dimulai dengan kirab pembawa Bendera Pusaka dan Naskah Proklamasi dari Monas menuju Istana Merdeka. Hal ini merupakan hal yang baru dalam proses peringatan detik-detik kemerdekaan.

Presiden Jokowi akan langsung memimpin upacara. Para pejabat negara, baik menteri kabinet Kerja maupun pemimpin lembaga dan instansi, akan mendampingi Presiden Jokowi di mimbar utama.

Upacara proklamasi akan ditandai dengan 17 kali tembakan meriam, sirine, bedug di masjid, dan lonceng gereja selama satu menit.

Upacara dilanjutkan dengan pembacaan naskah Proklamasi yang dibacakan Ketua DPD Irman Gusman. Pengibaran bendera pusaka kemudian dilaksanakan oleh tim Paskibraka yang telah dikukuhkan Presiden Jokowi.

Tak ketinggalan, aksi dari pesawat tempur F16 dan Sukhoi akan menghiasi langit Istana Merdeka sesaat sebelum upacara peringatan HUT kemerdekaan RI selesai.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini