Sukses


Ketua MPR: Pramuka Membuat Pribadi Kita Unggul

Liputan6.com, Jakarta - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan memenuhi undangan dari Gerakan Pramuka Kwartir Nasional, untuk hadir dalam acara Jambore Nasional Gerakan Pramuka X malam ini. Kehadiran Zulkifli langsung disambut meriah oleh 2.500 peserta di Bumi Perkemahan Cibubur.

Zulkifli tiba di Lapangan Cut Nyak Dien, Bumi Perkemahan Cibubur, Jawa Barat, Selasa 16 Agustus 2016. Ia didampingi Kepala Basarnas F Henry Bambang Soelistyo, anggota DPR Yayuk Basuki serta Muhammad Syarifudin.

Peserta Jambore merupakan siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang berasal dari seluruh daerah. Melihat antusiasme para peserta, Zulkifli pun dengan semangat membagi cerita masa kecilnya.

Ia mengaku aktif ikut pramuka sejak duduk di bangku sekolah dasar. Menurutnya, semua prestasi yang diraih selama ini tak lepas dari pelajaran hidup yang didapatkan dari kegiatan pramuka.

"Yang bisa menjadikan saya berprestasi, dari kecil sudah ikut pramuka. Jadi bekal latihan pramuka itulah yang membuat kita jadi pribadi yang unggul," ujar Zulkifli mengawali kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI.

Zulkifli menyebut saat ini, siapa saja dan dari mana saja memiliki kesempatan sama untuk mengejar cita-citanya. Sehingga anak-anak yang berasal dari daerah tidak perlu merasa minder.

"Semua terpulang pada diri sendiri," tegas dia.

Zulkifli juga mengingatkan agar para tunas bangsa ini, senantiasa menerapkan semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Dengan kata lain, apapun latar belakangnya harus selalu saling menghormati dan menghargai satu sama lain.

Hal ini, menurut Zulkifli, sejalan dengan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara. Sehingga semangat demokrasi Pancasila akan terus terjaga hingga kemudian hari.

Sebelum menutup acara, Zulkifli mempersilakan tiga peserta pramuka bertanya di atas panggung. Mengenakan kacu atau dasi berwarna merah putih khas seragam pramuka, ia menjawab satu per satu pertanyaan dengan ramah dan santai.