Sukses

Pembawa Baki dan Pengibar Bendera Diumumkan Pukul 07.00 Pagi

Liputan6.com, Jakarta Pengumuman siapa anggota Paskibraka yang bertugas sebagai pembawa baki dan pengibar bendera merah putih baru akan diumumkan sekitar pukul 07.00 pagi. Tiga jam sebelum upacara detik-detik Proklamasi di Istana Merdeka dimulai.

Wakil Koordinator Pelatih Paskibraka 2016 Kapten Infantri Suswan mengatakan waktu penetuan petugas pembawa baki dan pengibar bendera tergantung dari bisa saja berubah-ubah.

Semua tergantung dari Kepala Koordinator Pelatih Pasukan Pengibar Bendera Pusaka. "Bisa lebih cepat, bisa juga lewat dari jam itu. Pelatih sendiri kurang tahu jam berapa dan siapa-siapa saja yang bertugas. Tugas pelatih hanya memberikan rekap nilai ke atasan," kata Suswan di Hotel Sriwijaya pada Selasa (16/8/2016)

Begitu juga yang dikatakan Irma, Paskibraka 1994 yang ditugaskan sebagai pembawa baki. Memang biasanya sekitar pukul 07.00 pagi. Tapi sewaktu-waktu bisa saja berubah karena satu dan lain hal.

"Kalau waktu zaman saya dan beberapa tahun kemarin masih jam segitu. Nggak tahu kalau besok bagaimana. Bisa saja berubah," kata Irma.

Menurut Irma, pengumuman siapa saja yang bertugas sebagai pembawa baki dan pengibar bendera merah putih seharusnya di jam-jam segitu. Jika nanti setelah pengumuman ada yang menangis haru karena terpilih membawa baki, bisa dipoles lagi riasan yang terlanjur luntur karena air mata.

"Besok itu pengumuman siapa yang membawa baki di pagi dan sore hari. Sekalian pengibar benderanya dan dari tim mana saja yang bertugas. Selesai dari situ mereka di-make up lagi. Takutnya make up luntur karena menangis," kata Irma yang ditunjuk Kemenpora sebagai Pembina Paskibraka 2016.