Sukses

Pramuka Memiliki Peran Strategis untuk Pemberdayaan Generasi Muda

Wakil Ketua Komisi X DPR Sutan Adil Hendra mengatakan, pendidikan kepramukaan adalah wahana yang memfasilitasi kemandirian generasi muda.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua Komisi X DPR Sutan Adil Hendra mengatakan, pendidikan kepramukaan adalah wahana yang memfasilitasi kemandirian generasi muda dalam upaya untuk mengarah pada pembentukan watak dan pengembangan potensi diri pemuda. Sehingga, Pramuka memiliki peranan yang penting sebagai pemberdayaan generasi muda.

“Pramuka memiliki peran strategis untuk berperan dalam pemberdayaan generasi muda bangsa, karena yang namanya pemberdayaan harus lahir dari suatu sistem pendidikan yang bisa menjadi lahan tumbuhnya pemberdayaan generasi muda. Peluang ini ada pada gerakan kepanduan,” kata Sutan dalam rilisnya, Senin (15/08/2016).

Pasalnya, menurut politisi F-Gerindra itu, Pramuka adalah organisasi yang relatif masih murni dari muatan politik dan motif kepentingan lain. Suasana dalam kegiatan Pramuka masih kental dengan kebersamaan, persaudaraan, dan fokus melatih potensi sesuai dengan minat dan bakat generasi muda.

“Pendidikan Pramuka dapat dilaksanakan di luar lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga. Melalui aktivitas inilah kita harapkan mampu memoles potensi anak muda kita, sebagai pewaris bangsa,” harap Sutan.

Apalagi belakangan ini, imbuh Sutan, salah satu tantangan yang dihadapi generasi muda Indonesia adalah bagaimana mereka bisa mengaktualisasikan potensi secara berdaya, kreatif dan unggul. “Konsepsi pemberdayaan ini sadar atau tidak sudah ada dalam jati diri Pramuka, bagaimana mereka membina mental spritual pemuda dan potensi mereka melalui kegiatan yang positif,” kata Sutan.

Terkait hal ini, politisi asal dapil Jambi itu mengaku, pihaknya dan Pemerintah sedang membuat format sebuah program fasilitasi pemberdayaan generasi muda dan Pramuka sebagai pengeraknya. “Revitalisasi gerakan sudah kita lakukan, sekarang mendorong peran pramuka secara lebih masif dalam hal pemberdayaan pemuda,” janji politisi yang akrab dipanggil SAH itu.

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.