Sukses

Jokowi Ungkap Kunci Agar Indonesia Menangkan Persaingan Global

Untuk memenangkan kompetisi, kata Jokowi bangsa Indonesia harus berani keluar dari zona nyaman.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa saat ini bangsa Indonesia tengah berada pada era persaingan global.

"Kompetisi antar negara luar biasa keras dan luar biasa sengitnya," kata Jokowi dalam pidato di Sidang Tahunan MPR/DPR/DPR di Kompleks Senayan, Jakarta, Selasa (16/8/2016).

Untuk memenangkan kompetisi, kata Jokowi bangsa Indonesia harus berani keluar dari zona nyaman.

"Kita harus kreatif, optimis, bahumembahu, dan melakukan terobosan-terobosan. Semua itu demi mempercepat pembangunan nasional, demi meningkatkan daya saing kita sebagai bangsa," ujar Jokowi.

Tanpa keberanian, kata dia, keluar dari zona nyaman, maka akan terus dihadang oleh kemiskinan, pengangguran, ketimpangan dan kesenjangan sosial.

"Diperlukan langkah-langkah terobosan, diperlukan kecepatan kerja, diperlukan lembaga-lembaga negara yang kuat dan efektif untuk mengatasi tiga masalah utama bangsa tersebut," ujar dia.

Selain itu, kata Jokowi, diperlukan pula keteguhan dalam menjunjung ideologi bangsa, konstitusi negara, dan nilai-nilai keutamaan bangsa.

"Tanpa itu, kebesaran kita sebagai bangsa akan punah, akan digulung oleh arus sejarah. Kita tidak mau itu terjadi," tegas Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini