Sukses

Pengacara: Psikolog Tak Bisa Menguak Fakta Jessica Membunuh

Otto pun mempertanyakan tujuan JPU menghadirkan psikolog klinis, jika akhirnya kesaksiannya tidak bisa menyimpulkan fakta.

Liputan6.com, Jakarta - Penasihat Hukum Jessica Kumala Wongso, Otto Hasibuan mengatakan analisa Psikolog Klinis Universitas Indonesia (UI) Antonia Ratih Andjayani terhadap rekaman CCTV Kafe Olivier dan kliennya, tak dapat membuktikan kebenaran dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU). JPU mendakwa Jessica membunuh Wayan Mirna Salihin dengan Ice Coffee Vietnamnese bersianida.

"Sebenarnya kalimat kuncinya satu, yaitu pertanyaan hakim yang sebelah kanannya (hakim) ketua kan. Ada pertanyaan yang mengatakan 'Apakah semua perilaku-perilaku yang saudara (ahli) jelaskan ini, bisa disimpulkan bahwa Jessica melakukan sesuatu?'. Dia (Ratih) bilang tidak," kata Otto usai sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Senin malam (15/8/2016).

Otto pun mempertanyakan tujuan JPU menghadirkan psikolog klinis, jika akhirnya kesaksiannya tidak bisa menyimpulkan fakta di balik misteri kematian Mirna dan kebenaran Jessica yang melakukan itu semua.

"Jadi untuk apa kita periksa perilaku ini? Karena ternyata enggak bisa disimpulkan (Jessica) melakukan sesuatu," ujar dia.

Otto menyebutkan pihaknya telah mengambil sikap menolak keterangan Ratih sejak awal persidangan hari ini. Alasannya, psikolog itu memeriksa kondisi kejiwaan Jessica karena dimintai bantuan penyidik Polda Metro Jaya. Di mana menurut Otto berarti Ratih sudah berlaku sebagai penyidik saat itu dan keterangannya dikhawatirkan tak lagi independen.

"Saksi ini sendiri kan sudah mengatakan dia membantu polisi. Jadi namanya membantu polisi, akhirnya seperti itulah kesaksiannya kan? Itu saya katakan tadi dia enggak independen," kata dia.

"Karena dia sebelumnya sudah membantu polisi, jadi otomatis menurut saya, di sini pun dia kan juga begitu (membantu polisi). Mudah-mudahan saya tidak keliru kan," sambung Otto.

Otto mengaku beruntung karena keterangan Ratih, dianggapnya tidak bisa membuktikan Jessica benar bersalah. Sebab, keterangan ahli 'menggantung', dengan menggunakan kata "kemungkinan-diduga" dan cenderung spekulatif.

"Dan enggak konsisten, selalu pakai teori umumnya, tapi dia enggak pernah hitung statistiknya. Jadi kalau begitu dia menggunakan pribadinya, pengalaman dia sebagai tolak ukur atau uji. Enggak boleh begitu dong. Kalau secara ilmiah enggak boleh memakai diri kita sebagai alat ukur perilaku seseorang," Otto menandaskan.

Wayan Mirna Salihin tewas usai menyeruput es kopi Vietnam di Kafe Olivier, Grand Indonesia, Jakarta Pusat pada 6 Januari 2016. Teman Mirna, Jessica Kumala Wongso kini menjadi terdakwa kasus dugaan pembunuhan berencana ini di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini