Sukses

Wiranto Dorong Filipina Ambil Langkah Tepat Bebaskan 10 WNI

Pemerintah Indonesia mendesak Filipina mengambil langkah-langkah tepat terkait pembebasan 10 WNI yang disandera kelompok Abu Sayyaf.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Wiranto mengatakan Pemerintah Indonesia dan Filipina terus melakukan berbagai upaya terkait pembebasan 10 Warga Negara Indonesia (WNI) yang disandera kelompok Abu Sayyaf.

Kendati begitu, ia menambahkan, Pemerintah Indonesia mendesak secara khusus kepada Filipina agar cepat menuntaskan penyaderaan WNI.

"Sekarang ini usaha-usaha terus dilakukan usai diplomasi kerja sama untuk melakukan langkah-langkah yang lebih tepat. (Kami) mendorong pemerintah Filipina melakukan langkah-langkah yang lebih tepat dalam rangka menyelesaikan kasus penculikan itu," kata Wiranto, di kantornya, Senin (15/8/2016).

Meski mendorong melakukan upaya cepat menyelamatkan sandera, Wiranto menyatakan, prioritas utama tetap keselamatan 10 WNI tersebut.

"Dengan cara-cara lain tetap dilakukan, intinya bagaimana penyelamatan teman yang tengah disandera jadi keselamatan tersandera tetap jadi acuan utama," pungkas Wiranto.

10 WNI diculik pada awal pertengahan Juni lalu, dalam dua kejadian. Penyanderan pertama dilakukan di Perairan Sulu. Kala itu, tujuh WNI diculik. Sementara penculikan kedua terjadi di dekat perairan Malaysia, tiga WNI disekap kelompok bersenjata yang diduga kuat adalah kelompok Abu Sayyaf.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.