Sukses

Andi Mallarangeng Juara Lomba Makan Kerupuk Kalahkan Suryadharma

Keceriaan tampak di wajah-wajah para narapidana saat mereka mengikuti setiap perlombaan di HUT RI ke 71.

Liputan6.com, Jakarta Meski hanya memperebutkan hadiah berupa alat mandi, sendal, dan lainnya, para warga binaan di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Sukamiskin Kelas I Kota Bandung semangat bersaing dalam lomba Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71. Para mantan pejabat yang terjerat kasus Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pun turut serta dalam kegiatan lomba tersebut.

Sejumlah warga binaan korupsi seperti Suryadarma Ali, Rudi Rubiandini, Andi Mallarangeng, Sutan Bhatoegana mengikuti beberapa lomba. Namun, ada beberapa mantan politikus seperti Dada Rosada, Nazarudin, Anas Urabaningrum, Lutfi Hasan, yang tidak tampak mengikuti lomba.

Setelah menyanyikan lagu Hari Merdeka bersama, kegiatan dilanjutkan dengan perlombaan ala hari kemerdekaan seperti balap terompah panjang, balap karung, balap makan kerupuk. Keceriaan tampak di wajah-wajah para narapidana saat mereka mengikuti setiap perlombaan. Warga binaan pun tampak kompak mengikuti lomba bersama petugas Lapas Sukamiskin.

"Kegiatan ini intinya menunjukan harmoni, kekompakan antar penghuni dan petugas Lapas. Intinya kita semua menyabut kemerdekaan ini dengan suka cita," kata Kalapas Sukamiskin Surung Pasaribu di sela-sela kegiatan, Senin (15/8/2016).

Sementara itu, mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Andi Mallarangeng mengatakan kegiatan seperti ini sangat bermanfaat bagi warga binaan. Pasalnya, sambung dia, mereka bisa melupakan apa yang dialaminya sejenak dengan keceriaan.

Andi pun mengikuti dua lomba, yaitu balap terompah panjang dan makan kerupuk. Dia berhasil memenangkan kedua lomba tersebut setelah mengalahkan Suryadarma Ali dan Sutan Bhatoegana.

"Ini sangat bermanfaat bagi warga binaan Lapas Sukamiskin. Tahun ini saya juga mengikuti kegiatan-kegiatan yang berlangsung," ujar dia.

Sementara itu hal yang sama dikatakan oleh mantan anggota DPR RI Sutan Bhatoegana setelah mengikuti lomba balap terompah panjang. Dia pun bergabung dengan kelompok petugas Lapas Sukamiskin saat berlomba.

"Saya kira acara ini sangat baik buat kita warga binaan di sini, untuk memperingati hari kemerdekaan kita walaupun kita saat ini belum merdeka," ujar Surung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini