Sukses

Presiden Joko Widodo Kukuhkan 67 Anggota Paskibraka 2016

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo mengukuhkan 67 peserta Diklat Paskibraka sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2016 di Istana Negara pada Senin (15/8/2016).

Pengukuhan ini ditandai dengan pengucapan ikrar kesediaan para peserta Diklat Paskibraka dikukuhkan sebagai anggota Paskibraka.

"Siap, bersedia," jawab seluruh calon anggota Paskibraka di hadapan Presiden Joko Widodo.

Ade Yuliana Iswan (Cece) dari Sulawesi Barat ditunjuk sebagai Pemimpin Upacara. Pengucapan ikrar dilakukan sambil memegang bendera merah putih yang dibawa oleh Langlang Wirabuana, Paskibraka 2015 dari DKI Jakarta.

Setelah pengucapan ikrar, Cece yang merupakan siswi SMA Negeri 1 Wonomulyo, Polewali Mandar disuruh mencium bendera merah putih sambil menarik napas panjang. Lagu "Padamu Negeri" pun berkumandang mengiringi prosesi sakral ini.

Pernyataan pengukuhan diucapkan oleh Presiden Joko Widodo, "Pengukuhan Paskibraka 2016. dengan memohon Ridho Tuhan yang Maha Kuasa, pada hari ini saya kukuhkan sebagai anggota Paskibraka yang akan bertugas di Istana Merdeka pada 17 Agustus 2016."

"Semoga saudara-saudara dapat melaksanakan tugas dengan baik," lanjutnya. 

Acara ditutup dengan pemakaian lencana oleh Presiden Joko Widodo ke Ade Yuliana Iswan. Dengan begitu, resmi sudah 67 putra dan putri terpilih dari 34 provinsi di Indonesia menyandang status sebagai Paskibraka 2016.

Di akhir acara, Presiden Joko Widodo bersalaman dengan anggota Paskibraka tingkat nasional 2016.