Sukses

Jokowi Akan Kukuhkan Paskibraka 2016 di Istana

Bendera pusaka akan diarak dari Monas menuju ke Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

Liputan6.com, Jakarta - Istana terus melakukan persiapan untuk upacara peringatan HUT ke-71 Indonesia. Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang telah berlatih keras pun akan dikukuhkan di Istana Negara.

"Upacara pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka oleh Presiden Republik Indonesia, pukul 14.00," demikian agenda yang diterima dari biro pers Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (15/8/2016).

Pada peringatan HUT RI kali ini, ada hal yang berbeda dari tahun sebelumnya. Salah satunya, seremoni membawa bendera pusaka dari Monas menuju ke Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

"Bendera pusaka akan diarak dari Monas," ucap Kepala Sekretaris Presiden Darmansjah Djumala di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis 11 Agustus 2016.

Darmansjah mengatakan pemerintah menilai bendera pusaka merupakan bagian dari simbol negara yang sakral. Oleh karena itu, butuh seremoni yang tak kalah sakral dalam membawa bendera pusaka ke Istana Merdeka sebelum dikibarkan pada Upacara Peringatan HUT ke-71 RI.

"Bendera pusaka sebagai simbol negara itu harus diperlakukan dengan acara yang bersifat ritual. Ada ritualnya. Jadi bukan hanya sekadar kain. Tapi adalah simbol negara yang disakralkan dan dianggap sebagai sesuatu yang dihormati," Darmansjah menjelaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini