Sukses

Jokowi Kenang Adi Sasono sebagai Pejuang Usaha Kecil dan Koperasi

Jokowi yang didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo tiba di rumah duka dan diterima langsung oleh istri almarhum, Mala Maria Adi Sasono.

Liputan6.com, Jakarta - Usai menghadiri acara Hari Pramuka ke-55 dan Peresmian Pembukaan Jambore Nasional X Tahun 2016 di Lapangan Utama Bumi Perkemahan Wiladatika Cibubur, Presiden Joko Widodo atau Jokowi langsung melayat ke rumah duka Mantan Menteri Koperasi dan UKM Adi Sasono.

Jokowi yang didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi tiba di rumah duka di Jalan Swakarya Bawah No 1, Jakarta Selatan, sekitar pukul 11.45 WIB. Kedatangan keduanya diterima langsung oleh istri almarhum, Mala Maria Adi Sasono.

Setelah berdoa di hadapan jenazah Adi Sasono, Jokowi menyempatkan diri mengikuti salat jenazah yang dipimpin oleh tokoh pendidikan Arief Rahman.

Jokowi mengenang Adi Sasono sebagai seorang yang berjuang dengan gigih bagi kemajuan pertanian dan koperasi di Indonesia. "Beliau adalah pejuang di bidang usaha kecil terutama di pertanian dan koperasi. Sampai terakhir beliau seperti itu," ujar Jokowi melalui pesan tertulis, Minggu (14/8/2016).

Selain itu, Jokowi juga menyatakan sudah mengenal dirinya cukup lama. "Saya kenal beliau Adi Sasono waktu sejak usaha saya masih kecil. Pernah ke tempat usaha saya. Waktu menjabat wali kota juga masih sambung. Apalagi saat saya jadi gubernur juga sering ketemu," imbuh dia.

Semasa hidup, Adi Sasono merupakan mantan Menteri Koperasi dan UKM pada era Kabinet Reformasi Pembangunan, juga dikenal sebagai tokoh LSM dan aktif di berbagai aktivitas kemasyarakatan lain. Selain itu, almarhum juga dikenal sebagai tokoh Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin).

Adi Sasono meninggal pada Sabtu 13 Agustus 2016 pukul 17.20 WIB, setelah menjalani perawatan di rumah sakit Mayapada, Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Jenazah Adi Sasono dimakamkan hari ini Minggu, 14 Agustus 2016 di TPU Tanah Kusir Jakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.