Sukses

Mereka yang Terkenang Sosok Adi Sasono

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menceritakan kenangannya saat menjadi aktivis dan bertemu sosok almarhum.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengaku terkejut dengan kabar meninggalnya mantan Menteri Koperasi dan UKM Adi Sasono.

"Saya terkejut karena kabar terakhir beliau sudah sembuh dari penyakit kankernya dan sempat bertemu di sebuah acara. Makanya saya datang ke sini untuk memastikan kabar itu dan memberikan penghormatan terakhir," ucap Wiranto, di rumah duka Jalan Swakarya Bawah 1D Kompleks DDN 1, Pondok Labu, Jakarta Selatan, Sabtu malam (14/8/2016).

Wiranto pun terkenang akan sosok almarhum yang memiliki sikap teguh dalam pendirian. Almarhum juga dinilai banyak memiliki teman.

"Beliau orang yang punya prinsip dan teguh dalam pendirian. Setahu saya beliau juga banyak kawannya," tandas Wiranto.

Begitu juga dengan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, yang turut melawat di rumah duka. Dia merasa kehilangan sosok almarhum.

"Beliau sosok senior yang kami sudah kenal baik sebelum menjadi Menteri Koperasi. Beliau kan di Partai Golkar lama. Yang paling terkesan, kegiatan partai itu selalu ada kegiatan kerakyatan. Kegiatan yang membantu rakyat," tutur dia.

Airlangga terakhir bertemu dengan almarhum pada sebuah acara sebelum Lebaran awal Juli lalu. Saat itu kondisi almarhum terlihat sehat.

"Sebelum Lebaran kami hadir bersama dalam suatu acara. Beliau tidak kelihatan masih sakit," kata politikus Partai Golkar itu.

Sementara, Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menceritakan kenangannya saat menjadi aktivis dan bertemu sosok almarhum. Di mata dia, almarhum sosok yang idealis.

"Saya sendiri, sebagai pribadi 1991-1992, dalam satu situasi gejolak politik, di mana beliau sudah dianggap sebagai orangtua sendiri. Memang orangnya perhatian, membimbing, dan mengarahkan. Hidupnya mikirin orang, bukan diri sendiri, dan idealisme," kenang Fahri.

Menteri Koperasi dan UKM era Presiden BJ Habibie, Adi Sasono meninggal dunia Sabtu sore pada usia 73 tahun. Berita duka ini datang dari sejumlah tokoh melalui media sosial.

Adi Sasono meninggalkan seorang istri bernama Mala Maria Adi Sasono dan lima anak yakni Arya Wibisono, Aji Erlangga, Dewi Saraswati, Aditya Krisnamurty, dan Gita Aryanti.

Adi Sasono lahir di Pekalongan, Jawa Tengah, 16 Februari 1943. Mantan Menteri Koperasi dan UKM era Kabinet Reformasi Pembangunan ini dikenal sebagai tokoh LSM dan berbagai aktivitas kemasyarakatan lainnya.

Selain itu Adi Sasono juga tokoh Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Ikatan Pers Mahasiswa Indonesia (IPMI), Pelajar Islam Indonesia (PII), dan Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI).

Selain itu, Adi Sasono juga pernah mendirikan Partai Merdeka yang menjadi peserta Pemilu 2004. Sebelumnya, ia juga dikenal sebagai tokoh Dewan Koperasi Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.