Sukses

Suhu di Madinah Capai 41 Celsius Meski Malam Hari

Berdasarkan data Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat), hingga pukul 23.00 WAS, sudah 20.883 jemaah haji tiba di Madinah.

Liputan6.com, Madinah - Hawa panas yang menyelimuti kota Madinah, Arab Saudi, tak hanya terasa kala siang hari. Pada malam hari, cuaca masih cukup menyengat meski sempat disapa gerimis sesaat.

Pantauan Liputan6.com di Madinah, Jumat 12 Agustus 2016, suasana panas itu terasa di luar ruangan. Suhu yang mencapai 41 derajat Celsius itu masih menyelimuti kota itu, meski waktu menunjukkan pukul 23.18 waktu Arab Saudi (WAS).

Kondisi tersebut juga diakui Muhtaruddin, jemaah yang bertandang ke Kantor Urusan Haji (KUH) Daker Madinah. Ketua rombongan kloter dua embarkasi Batam itu mengaku telah mengetahui kondisi cuaca tersebut, lantaran telah beberapa kali pergi ke Tanah Suci.

"Iya panas, saya sudah beberapa kali pergi ke sini. Bahkan pernah menjadi ketua kloter," ujar dia kepada Liputan6.com, Jumat (12/8/2016).

Meski demikian, Muhtaruddin yang membawa 45 jemaah haji tersebut telah memberikan tips kepada jemaahnya. Hal ini agar para jemaah terhindar dari dehidrasi.

"Saya sudah mengimbau jemaah untuk banyak minum. Juga gunakan payung serta berlindung di balik gedung-gedung bertingkat kala siang hari sewaktu akan menuju masjid Nabawi," kata dia.

Berdasarkan data Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat), hingga pukul  23.00 WAS, sudah 20.883 jemaah calon haji yang berada di kota Nabi itu. Mereka terdiri dari 52 kloter dari 12 embarkasi seluruh Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.