Sukses

Paskibraka Jangan Takut Gemuk, Makan Saja yang Banyak

Liputan6.com, Jakarta Pelatih dan pembina tidak pernah bosan mengingatkan peserta Diklat Paskibraka 2016 untuk menjaga kesehatan mereka. Jangan sampai dari awal latihan kondisi tubuh baik-baik saja malah drop begitu mendekati perayaan HUT RI 71.

"Bukan orang lain yang menentukan kesehatan kita tapi kita sendirilah yang bisa memastikan sehat tidaknya badan ini," kata Wakil Koordinator Pelatih Paskibraka Kapten Inf Suswan di PP-PON Menpora, Cibubur, Jakarta Timur, Jumat (12/8/2016)

Kondisi Dua Orang Calon Anggota Paskibraka Tingkat Nasional 2016 Diketahui Menurun Jelang Gladi Kotor di Istana Merdeka. Loly Marissa Pratami dari Nusa Tenggara Barat Bahkan Sempat Dirawat Karena Tubuh yang Memanas. Sementara Tri Wahyu Hambrata yang Merupakan Perwakilan Sumatera Selatan Alami Mabuk Darat dan Pusing-pusing

Suswan berpesan agar calon Paskibraka menghabiskan makanan yang tersaji di hadapan mereka. Makan yang banyak karena aktivitas padat menanti mereka setiap hari. Jadwal latihan PBB dan formasi saja dimulai dari pukul 07.00 pagi sampai 05.00 sore. Belum lagi pedalaman materi selama satu sampai dua jam di malam hari.

"Tidak usah takut gemuk. Dikasih susu minum saja meskipun tidak suka. Yang tidak biasa makan daging telan saja daging yang ada di meja makan," kata Suswan.

Manasena Susana Gibannebit Giban Menjajal Latihan Sebagai Pembawa Baki di Istana Merdeka

Tidak perlu ragu menyantap seluruh makanan dan kudapan sehari-hari. Semua menu ditentukan dan dipilih oleh dokter gizi dari Rumah Sakit Olahraga Nasional. "Tidak usah takut sakit perut. Menu yang kalian makan itu tergolong empat sehat lima sempurna. Pelatih juga makan makanan yang sama dengan kalian," kata Suswan ke seluruh calon anggota Paskibraka.

Suswan juga tidak lupa mengingatkan putra dan putri peserta Diklat Paskibraka menjaga kebersihan badan sendiri. Kaos kaki, topi, dan pakaian dalam dicuci setiap hari. "Jangan dipakai dua kali dulu baru dicuci. Baunya busuk. Apalagi pakaian dalam. Mohon itu kalian perhatikan dengan baik," kata Suswan.