Sukses

VIDEO: Bulu Tangkis Indonesia Sukses di Fase Grup Olimpiade 2016

Sejumlah atlet bulu tangkis Indonesia mengawali laga awal di ajang Olimpiade 2016 dengan sangat baik.

Liputan6.com, Rio de Janeiro - Atlet bulu tangkis Indonesia sukses memetik hasil sempurna pada hari pertama pertandingan fase grup di Olimpiade Rio 2016. Mereka akan melanjutkan perjuangan di babak penyisihan hari ini.

Pasangan ganda putra terbaik Indonesia, Hendra Setiawan-Muhammad Ahsan, memulai perjuangan di penyisihan Grup D dengan baik, malam tadi. Hendra-Ahsan mengalahkan ganda putra India, Manu Attri-Sumeeth Reddy, dengan skor 21-18 dan 21-13.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Jumat (12/8/2016), malam ini unggulan ketiga Hendra-Ahsan akan kembali berlaga di penyisihan Grup D. Mereka akan melawan ganda Jepang Kenichi Hayakawa-Hiroyuki Endo.

Dari sembilan kali pertemuan, pasangan Indonesia peringkat dua dunia ini masih memegang rekor menang.

Sementara itu, kemenangan mudah juga diraih pasangan ganda putri, Greysia Polii-Nitya Krishinda Maheswari, yang mengalahkan ganda putri Hongkong, Lok Yan Poon-Ying Suet Tse. Ganda putri indonesia dengan itu berhasil menang dengan skor 21-9 dan 21-11 di penyisihan Grup C.

Sabtu dini hari, runner up Australia Terbuka 2016 ini akan bertemu dengan pasangan Inggris, Heather Olver-Lauren Smith. Sejauh ini Nitya dan Greysia unggul 1-0 atas pasangan Inggris itu.

Juara All England Praveen Jordan-Debby Susanto, Kamis malam waktu Indonesia, meraih kemenangan perdana di penyisihan Grup A ganda campuran. Pasangan peringkat lima dunia itu menghadapi pasangan peringkat 16 asal Hong Kong, Lee Chun Hei Reinald-Chau Hoi Wah.

Berdasarkan pengalaman di pertandingan pertama, Praveen-Debby tidak akan menganggap enteng lawan-lawannya di Grup A. Terlebih malam ini mereka harus melawan pasangan Jerman, Michael Fuchs-Birgit Michels.

Pasangan ganda campuran Indonesia lainnya juga berjaya pada pertandingan semalam. Tontowi Ahmad-Liliyana Natsir berhasil memenangkan laga perdana di penyisihan Grup C bulu tangkis Olimpiade 2016, melawan pasangan Australia Robin Middleton-Leanne Choo. Keduanya menang dengan skor 21-7 dan 21-8.

Kemenangan di laga penyisihan ini menjadi pembuka yang manis untuk menghadapi lawan malam nanti, pasangan Bodin Isara-Savitree Amitrapai. Meski belum pernah bertemu, di atas kertas Owi-Butet jelas masih diunggulkan.

Sementara di sektor tunggal putra, Indonesia diwakili oleh Tommy Sugiarto. Tommy bakal memulai perjuangannya di ajang Olimpiade Rio 2016 malam ini.

Melawan pebulu tangkis asal Amerika Serikat Howard Shu, Tommy Sugiarto yang menjadi unggulan ketujuh lebih diunggulkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.