Sukses

Jokowi: Cuaca Mendukung, Segera Padamkan Titik Api

Jokowi mengatakan, penurunan titik api memang cukup signifikan, yakni 74 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta kebakaran lahan di sejumlah wilayah Indonesia segera diatasi. Mengingat, cuaca saat ini cukup mendukung untuk pemadaman.

Jokowi mengatakan, penurunan titik api memang cukup signifikan, yakni 74 persen. Hanya, masih ada 217 titik api yang masih bisa berkobar bahkan meluas ke daerah sekitarnya.

"Saya ingin agar kecepatan dalam pencegahan dan penanganan berkelanjutan ini betul-betul tepat waktu dan efektif. Jangan sampai titik api yang sudah ada dibiarkan bertambah, kalau diselesaikan di awal akan lebih bagus," ujar Jokowi saat membuka rapat terbatas pencegahan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (12/8/2016).

Titik api yang masih muncul di Riau, Sumatera Utara, dan Sumatera Selatan memang jumlahnya hanya puluhan. Karena itu, penanganan cepat harus dilakukan sebelum jumlahnya bertambah menjadi ribuan dan sulit diatasi saat masa kritis September-Oktober.

"Perjanjian kita saat itu sudah jelas, ada. Reward dan punishment-nya. Dan juga ini perlu diantisipasi pada masyarakat, saya melihat beberapa provinsi partisipasi masyarakat dalam patroli bersama sangat bagus sekali," kata Jokowi.

Seluruh aparat, baik TNI, Polri, kementerian terkait, maupun Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) harus aktif dalam penanganan kebakaran hutan. Seluruh pasukan harus ikut serta menangani dan mencegah terjadinya kebakaran hutan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini