Sukses

JK: Kecepatan Informasi Jadi Tantangan Polri

Polisi, menurut JK, harus memiliki kesiapan prima dalam menangani suatu peristiwa dengan baik.

Liputan6.com, Jakarta - Kemajuan teknologi tak terelakkan lagi. Dengan teknologi, informasi dapat menyebar cepat ke seluruh pelosok negeri. Hal ini pula yang dirasakan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Pria yang karib disapa JK itu mengatakan, dengan kemajuan teknologi, terutama kecepatan informasi, peristiwa yang terjadi di berbagai daerah bisa dengan cepat diketahui di daerah lain.

"Mungkin zaman dulu kejadian hari ini di daerah baru diketahui satu bulan di tempat lain," kata JK saat peluncuran buku bertajuk Jenderal Soekanto Tjokrodiatmodjo di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Jakarta, Kamis 11 Agustus 2016.

"(Tapi) Hari ini kejadian satu tempat, satu detik sudah diketahui seluruh Indonesia," dia menambahkan.

Di sisi lain, kata JK, kemudahan ini bisa menjadi tantangan bagi kepolisian. Polisi harus memiliki kesiapan prima dalam menangani suatu peristiwa dengan baik.

"Hal ini tentu menimbulkan banyak masalah, tentu hal itu membutuhkan satu kesiapan yang berbeda di kita di kepolisian dan siapa pun, jadi metode beda," tutur dia.

Apa pun tantangannya, semangat yang dibangun oleh para pendiri harus tetap dijaga dengan baik. Bahkan, semangat itu harus dilipatgandakan sesuai dengan semakin luasnya cakupan tugas kepolisian.

"Dengan cara yang berbeda dengan semangat yang lebih jauh dengan penduduk yang lebih besar. Dulu penduduk kita masih 50-60 juta waktu merdeka, sekarang sudah lima kali lipat," ucap JK.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.

    Jusuf Kalla

  • Polri

  • JK

Video Terkini