Sukses


Zulkifli Hasan: Persiapan Sidang Tahunan MPR Hampir 90 Persen

Liputan6.com, Jakarta - Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) akan menggelar agenda rutin tahunan, yakni sidang tahunan di Gedung MPR/DPR sehari sebelum peringatan HUT ke-71 RI, 16 Agustus 2016. Dalam kegiatan tersebut akan ada pidato kenegaraan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ketua MPR Zulkifli Hasan mengatakan pihaknya telah siap untuk menggelar acara tersebut. Berbagai persiapan telah dilakukan sejak lama. Ia bahkan telah menyampaikan agenda sidang tahunan kepada Presiden Jokowi sejak enam bulan lalu.

"Kami, MPR sudah temui Presiden (Jokowi), sampaikan kesiapan, Presiden sudah nyatakan (siap) hadir. Dan mendekati detik-detik akhir, besok ada gladi. Persiapan sudah hampir 90 persen," ujar Zulkifli dalam wawancara khusus dengan Liputan6.com di SCTV Tower, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (11/8/2016).

Menurut Zulkifli, sidang tahunan merupakan agenda penting bagi para wakil rakyat dan seluruh masyarakat Indonesia. Dalam kegiatan itu, masyarakat dapat mendengar langsung dari Presiden Jokowi mengenai pencapaian yang telah dilakukan pemerintah saat ini.

"Karena akan mendengarkan apa-apa yang disampaikan pemerintah. Dan kita bisa saksikan bagaimana perkembangan demokrasi di Indonesia," ucap Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu.

Adapun Sekretaris Jenderal MPR RI Ma'ruf Cahyono mengatakan agenda sidang tahunan ini dimulai pada pukul 09.00 WIB sampai pukul 10.30 WIB. Sidang Tahunan MPR ini mendengarkan pidato Jokowi.

"Dalam Sidang Tahunan ini agenda tunggal adalah pidato presiden. Ini bukan sidang yang mengambil keputusan melainkan hanya mendengarkan pidato presiden. Sidang ini menjadi forum fasilitasi dari MPR untuk laporan kinerja lembaga negara yang disampaikan Presiden," kata Ma'ruf.

Ia menjelaskan pelaksanaan sidang tahunan merupakan amanah dari peraturan tata tertib MPR. Akuntabilitas lembaga negara disampaikan kepada masyarakat dalam forum sidang tahunan ini.

"Sidang tahunan konvensi tata negara yang diatur dalam Tatib MPR. Sama seperti tahun lalu, tahun ini akan dilaksanakan pada tanggal 16 Agustus 2016," Sekjen MPR itu menandaskan.