Sukses


Hidayat Nur Wahid Ajak Umat Islam Bali Menjaga Kebersamaan

Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid mengajak komunitas Islam di Bali untuk menjaga kebersamaan dengan komunitas lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid mengajak komunitas Islam di Bali untuk menjaga kebersamaan dengan komunitas lainnya. Dengan kebersamaan itulah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika tetap terjaga.

"Semangat kebersamaan itu perlu dijaga. Dan itulah NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Ini menjadi modal yang harus dijaga," kata Hidayat Nur Wahid dalam pertemuan dengan tokoh masyarakat dan komunitas muslim di Bali.

Pertemuan di Hotel Inna Bali, Denpasar pada Kamis (11/8/2016) antara lain dihadiri KH Hasan Ali (penasihat MUI Bali), Taufik As'ad (Ketua MUI Bali), Maman Supratman (Ketua IPHI Bali). Dalam pertemuan itu Hidayat Nur Wahid didampingi Soenmandjaja (wakil ketua Badan Pengkajian MPR).

Menurut Hidayat, kebersamaan itu sudah ada sejak pembentukan BPUPKI. Dalam BPUPKI ada kebersamaan para tokoh dari berbagai kelompok dan golongan seperti dari NU, Muhammadiyah, dan lainnya.

"Semua berkiprah memperjuangkan Indonesia merdeka. Semangat kebersamaan ini perlu dijaga," ujarnya.

Hidayat juga mencontohkan kebersamaan yang dicontohkan Nabi Muhammad ketika di Madinah dengan membuat Piagam Madinah. Dengan Piagam Madinah, umat Islam yang menjadi mayoritas hidup berdampingan dengan masyarakat non muslim yang minoritas.

Hidayat meminta para tokoh dan komunitas muslim untuk menghadirkan Islam yang nyaman dan tidak mengganggu. "Kehadiran umat Islam harus memberi manfaat. Islam yang rahmatan lil alamin," imbuhnya.

Hidayat menambahkan secara sosial umat Islam di Bali harus memberi manfaat dan secara politik komunitas umat Islam menjalin komunikasi dan saling mendukung.

"Demokrasi kita dengan pemilihan secara langsung baik pemilihan gubernur, bupati, anggota DPRD. Karena itu umat Islam di Bali harus dikuatkan. Perlu komunikasi di antara komunitas muslim sehingga menjadi kuat. Dengan demikian umat Islam memiliki posisi tawar," katanya.

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini