Sukses

Paskibraka Nasional dari Jateng Kesengsem Senior Cakep

Liputan6.com, Jakarta Sosok senior berparas rupawan telah mendorong Tabriza Aqila Taqiyya (16) untuk bergabung ke ekstrakurikuler Pasukan Pengibar Bendera di sekolah. Yang tanpa disadari telah mengantar Aqila menjadi salah satu Paskibraka di Istana Negara pada perayaan 17 Agustus.

Aqila mengatakan semula ia ingin mendaftar ekskul kesenian. Ia gemar menari dan pandai bermain organ. Tak lama pendirian goyah begitu salah seorang senior mendatangi dan menanyakan para junior yang mau masuk ke ekskul Paskibra. Tanpa pikir panjang ia langsung angkat tangan tanda mau bergabung.

"Waktu MOS dimasukkan ke dalam aula. Ditanya sama senior, ada yang mau ikut Paskibra nggak? Awalnya memang nggak mau. Tahu-tahu ada kakak senior yang bisa jadi penyemangat," kata Aqila di sela-sela latihan PBB dan formasi di lapangan PP-PON Menpora, Cibubur, Jakarta Timur, Rabu (10/8/2016)

Aqila malu menyebut nama senior yang dimaksud. Ia hanya mengatakan, pria tersebut adalah Paskibraka provinsi Jawa Tengah 2015 yang didapuk menjadi pembentang bendera. Pria tersebut dinilai galak tapi sangat pengertian terhadap junior. Waktu mau mendaftar seleksi Paskibraka tingkat nasional 2016 saja pria itu tak sungkan memberitahu yang harus disiapkan Aqila.

"Waktu mau seleksi Paskibraka provinsi, juga dibriefing sama dia," kata Aqila tersipu mau.

Tabriza Aqila Taqiyya Sudah Menekuni Olahraga Renang Sejak Berumur 7 Tahun. Tepatnya, Saat Ia Duduk di Bangku Kelas 2 SD. Sudah Banyak Piagam dari Olahraga Renang Berhasil Ia Kumpulkan. Yang Menjadi Bekal Aqila Saat Mengikuti Seleksi Paskibraka Tingkat Nasional 2016 di Cibubur (Foto: Aditya Eka Prawira)

Namun, Aqila sedikit kesal sewaktu pamit mau terbang ke Jakarta untuk mengikuti seleksi Paskibraka nasional 2016. "Kan aku bilang 'Kak, saya pergi ke Jakarta dulu, ya', dengan tampang juteknya dia cuma jawab 'Ya sudah, sana'," kata Aqila menambahkan.

Aqila tercatat sebagai siswi SMA Negeri 1 Cilacap. Atlet renang kelahiran Cilacap, 13 Januari 2000, baru saja mendapat dua emas dan dua perak di tingkat Kabupaten. Emas untuk cabang 400 meter gaya bebas dan 100 meter gaya bebas. Sementara perak di cabang 100 meter dada dan 50 meter kupu-kupu.

"Targetku bisa ke tingkat provinsi. Kemarin mau ikut yang di provinsi, tapi terbentur sama seleksi Paskibraka provinsi untuk selanjutnya ke tingkat nasional. Sepulang dari sini mau fokus lagi ke olahraga renang," kata Aqila.

Olahraga renang telah ditekuni sejak Aqila masih duduk di bangku kelas 2 SD. Kejuaraan renang baru bisa ia ikut satu tahun kemudian.

"Cuma belum juara 1 atau 2, masih juara 3. Semua pencapaianku terjadi secara bertahap semua sampai aku bisa meraih dua emas dan dua perak pada 26 Februari kemarin," kata Aqila, yang menjadi perwakilan Jawa Tengah bersama Stanley Otniel Nagatan.

Nama : Tabriza Aqila Taqiyya
Nama panggilan : Aqila
Tempat dan Tanggal Lahir : Cilacap, 13 Januari 2000
Asal sekolah : SMA Negeri 1 Cilacap
Keterampilan : Renang, tari, dan main organ
Kemampuan berbahasa : Inggris dan Jawa