Sukses

Menteri Tjahjo Tolak Jadi Ketua Pansel KPU dan Bawaslu

Untuk tahun ini, Tjahjo Kumolo berharap ketua pansel KPU dan Bawaslu tidak lagi dijabat oleh Mendagri.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo telah menyerahkan nama-nama calon panitia seleksi (Pansel) komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Hanya saja, Tjahjo tidak mau ditunjuk sebagai ketua pansel tersebut.

Tjahjo mengaku sudah menyerahkan nama-nama calon pansel ke Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno setelah pertemuannya dengan Presiden Jokowi dan Komisioner KPU. Selanjutnya, Mensesneg yang akan menentukan nama yang dirasa tepat menjadi ketua pansel.

"Sekarang sedang dipilih oleh Mensesneg, kira-kira figur siapa yang tepat dan cocok untuk menjadi ketua panselnya," kata Tjahjo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (9/8/2016).

Politikus PDI Perjuangan ini mengatakan, berdasarkan pengalaman sebelumnya, ketua pansel dijabat oleh Mendagri. Namun, untuk tahun ini dia berharap jabatan itu tak lagi diemban Mendagri.

Tjahjo sadar posisinya sebagai anggota partai politik sangat riskan untuk menjabat posisi itu. Karenanya, ia memilih menolak posisi Ketua Pansel.

"Mendagri dari partai politik nanti ribut lagi, kita pilih figur yang benar-benar bersih, bisa diterima oleh seluruh masyarakat," Tjahjo menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini