Sukses

VIDEO: Ini Tips Sehat Selama Menunaikan Ibadah Haji

Pemberian vaksin meningitis dan influenza juga dilakukan agar jemaah haji terhindar dari flu berbahaya dan radang selaput otak.

Liputan6.com, Jakarta - Sebelum berangkat ke Tanah Suci, para jemaah haji diwajibkan memeriksa kesehatan mereka. Mulai dari pengecekan tekanan darah secara rutin, kesehatan jantung, dan ginjal khususnya bagi jemaah lansia.

Selain itu, pemberian vaksin meningitis dan influenza pun juga dilakukan agar jemaah haji terhindar dari flu berbahaya dan radang selaput otak. Sebagai bekal, petugas medis memberi buku panduan berhaji sehat pada para jemaah.

"Jika suhu tubuh para jemaah sangat tinggi sekali, yaitu 51 sampai 52 derajat Celcius, kami ingatkan untuk pencegahan dari hit strokenya. Yaitu dengan cara minum air sejam sekali. Untuk penggunaan pakaiannya disarankan yang menyerap keringat," kata dr Melisa, seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Selasa (9/8/2016).

Namun yang terpenting jemaah juga harus menyiapkan fisiknya dengan berolahraga ringan. Sementara untuk mengetahui rekam medis, tiap jemaah diberi buku kesehatan yang wajib dibawa kemanapun selama menjalankan ibadah haji.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.